Pilgub Kaltim 2018

Temukan Kecurangan di Pilgub Kaltim? Laporkan Yuk, LP4-KT Bakal Beri Reward!

Bahkan LP4-KT siap memberikan reward atau apresiasi untuk pelapor terkait dugaan pelanggaran di pemilihan gubernur Kaltim.

Temukan Kecurangan di Pilgub Kaltim? Laporkan Yuk, LP4-KT Bakal Beri Reward!
TRIBUN KALTIM/BUDHI HARTONO
Ketua LP4-KT, Sukri Ummi didampingi sekretaris Ahmadi dan pengurusnya menggelar konferensi pers pembentukam lembaga pengawasan dan pemantauan yang telah resmi dan tercatat di KPU Kaltim, di Kafe Ruang Teduh, Jalan Juanda, Samarinda, Sabtu (9/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Budhi Hartono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Lembaga Pemantau Pengawasan Pilkada dan Pemilu Kalimantan Timur (LP4-KT) tercatat sebagai lembaga resmi pemantau dan pengawas Pilkada Gubernur Kaltim 2018.

Bahkan LP4-KT siap memberikan reward atau apresiasi untuk pelapor terkait dugaan pelanggaran di pemilihan gubernur Kaltim.

Ketua LP4-KT, Sukri Ummi menjelaskan, lembaga pengawasan dan pemantauan ini berkontribusi untuk menjaga pilkada ini jujur dan adil dan berintegritas.

Targetnya meminimalisir kecurangan yang menjadi pelanggaran oleh peserta Pilgub Kaltim.

"Kita berkomitmen memantau Pilgub Kaltim dari segala bentuk pelanggaran/kecurangan. Harapannya, lembaga ini dapat meminimalisir pelanggan dari lima Kota/Kabupaten di Kaltim jadi sorotan Samarinda, Kukar, Balikpapan, Bontang, Paser," ungkap Sukri yang didampingi lima anggotanya, di Kafe Ruang Teduh, Jalan Juanda, Samarinda, Sabtu (9/6/2018).

Baca: Jangan Langsung Dihabiskan! Uang THR Bisa Lho untuk Bayar DP Rumah. . .

Lembaga independen ini akan memberikan apresiasi berupa reward kepada masyarakat yang berpartisipasi melaporkan dugaan pelanggaran di Pilgub Kaltim

"Apabila melapor dengan bukti nyata, maka warga akan mendapatkan apresiasi  sebesar Rp 1 juta. Laporan masuk ke Gakkumdu kita beri apresiasi Rp 10 juta. Dan apabila masuk dalam ranah pengadilan dan divonis pidana kita berikan apresiasi sebesar Rp 50 juta," papar Sukri, yang juga menjabat Lembaga Penyelidikan, Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia.

Disinggung pengurus lembaga tersebut, Sukri membeberkan, didukung para mahasiswa yakni Jaringan Muda Pembaharu (Jamper) Kaltim. 

"Kita punya pengurus yang memiliki jaringan juga dari mantan Ketua Ipnu Kaltim (Abdul Azis). Kita bentuk berdasarkan UU Pidana dan UU Pilgub. Untuk melaporkan bisa melalui Hotline  085754744441," bebernya.

Baca: Manis Banget Gaya Vanesha Prescilla Kenakan Turban, Bisa Ditiru Nih saat Idul Fitri

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi (Bawaslu) Kaltim, Saipul yang hadir lauching LP4-KT memberikan apresiasi dan memberikan dukungan sebagai lembaga partner pengawasan di pilkada.

"Bentuk pengawasan langsung dari masyarakat secara aktif ini sangat positif. Bawaslu mendukung penuh peran masyarakat seperti ini," ucap Saipul.

Hanya saja, ia menambahkan, ada ruang lingkup yang harus dilakukan. Seperti pemantau proses pemungutan suara dan dugaan pelanggaran lainnya. 

"Kalau untuk pengawasan Pilgub, sebagai ini lapor ke KPU. Itu sudah disahkan. Dan supaya tidak kontraproduktif dengan Bawaslu nanti ada laporan yang tertulis sebagai lembaga pengawasan resmi," tambah Saipul. (*)

Penulis: Budhi Hartono
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved