Pilgub Kaltim 2018

Ahli Nuklir Tantang Rusmadi-Safaruddin Bentuk Forum Ini jika Terpilih Memimpin Kaltim

Kata Edwin, forensik dikenal di Indonesia baru sebatas pekerjaan mengidentifikasi penyebab kebakaran oleh polisi dan dokter di puslabfor Polri.

Ahli Nuklir Tantang Rusmadi-Safaruddin Bentuk Forum Ini jika Terpilih Memimpin Kaltim
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor 4, Rusmadi-Safaruddin saat mengikuti debat Pilkada Kaltim di Stasiun Metro TV, Rabu (25/4/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - "Saya ingin titip program yang dibutuhkan Kalimantan Timur, yakni adanya Forensic Engineering Forum yang pertama di Indonesia," ujar Dr Edwin Halim, pakar teknik nuklir dari Delft University of Technology.

Itulah salah satu harapan besar yang dititipkan kepada pasangan Rusmadi-Safaruddin bila dipercaya memimpin Provinsi Kaltim periode 2018-2023.

Nama forensik bukan hal aneh atau asing bagi Indonesia.

Kata Edwin, forensik dikenal di Indonesia baru sebatas pekerjaan mengidentifikasi penyebab kebakaran oleh polisi dan dokter di puslabfor Polri.

Padahal, forensik itu diperlukan karena apa pun tindakan pembangunan yang berdampak pada keselamatan publik merupakan ranah forensic engineering.

"Gedung runtuh, kapal tenggelam, pipa minyak meletus, kanopi hotel, jembatan runtuh, hingga kesalahan perencanaan yang mengakibatkan fasilitas publik tidak berfungsi juga merupakan konsentrasi pekerjaan insinyur forensik," katanya.

Selama ini belum ada lembaga independen yang mampu menjelaskan permasalahan secara obyektif, logis, faktual, netral tidak bias tentang cara melakukan investigasi untuk mendapatkan temuan temuan teknik evaluasi dan analisis, hasil evaluasi, analisis, kesimpulan, pendapat dan rekomendasi atas sebuah kasus.

"Menurut saya pak Rusmadi kok sanggup dan memiliki pemahaman yang cukup untuk membantu kami mendirikan forum forensik pertama di Indonesia, jika beliau terpilih jadi gubernur Kalimantan Timur," kata Edwin Halim.

Hal itu, lanjut dia mengingat latar belakang pendidikan, karier dan nalar penelitian yang dibangun Rusmadi selama berada di Bappeda Kaltim.

Badan independen ini juga bisa memberikan pertimbangan bahkan rekomendasi kepada KPK, kejaksaan, hakim, asuransi.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help