Kim dan Tump Konferensi Pers

AS-Korsel Teken Kesepakatan Empat Pasal, Apa Saja? Ini Rinciannya

Usai pertemuan, Trump dan Kim Jong Un melakukan konferensi pers. Mereka beberkan empat keseakatan. Apa saja? Simak disini

AS-Korsel Teken Kesepakatan Empat Pasal, Apa Saja? Ini Rinciannya
BBC
Tump dan Kim serius untuk mengambil jalan damai dalam menyelesaikan krisi senajat nuklir di Semenanjung Korea. Mereka menandatangani empat pasal perdamaian, termasuk menghapuskan pengembangan senjata nuklir Korut. 

SINGAPURA-- Presiden Donald Trump menyelenggarakan jumpa pers tentang KTT yang baru saja dilakukannya bersama pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Ia membuka jumpa pers dengan menyatakan bahwa KTT berlangsung dengan sangat berhasil. dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak.

PRESIDEN AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un baru saja menandatangani dokumen dengan empat poin kunci.

Trump mengatakan dokumen itu "sangat penting" dan "komprehensif" dan bahwa dia dan "Ketua Kim" sama-sama "merasa sangat terhormat" untuk menandatanganinya.

Kim mengatakan mereka menjalani "suatu pertemuan bersejarah dan memutuskan untuk meninggalkan (konflik dan ketegangan) masa lalu". Dia mengucapkan terima kasih kepada Trump "karena memungfkinkan terjadinya pertemuan ini".

Ini MoU antara Trump dan Kim Jong Un terdiri dari empat pasal, untuk mengakhiri kemelut semananjung Korea dan nuklir.
Ini MoU antara Trump dan Kim Jong Un terdiri dari empat pasal, untuk mengakhiri kemelut semananjung Korea dan nuklir. (BBC)

Baca: Kim Jong Un Bilang tak Mudah Bisa Bertemu dengan Trump

Baca: Kim Jong Un dan Donald Trump Berjabat Tangan, Beberapa Detik yang Bersejarah

Baca: Bertemu Hari Ini, Jalan Panjang Pertemuan Trump dan Kim Jong Un, Dua Rival yang Banyak Kesamaan

Setelah penandatanganan dokumen yang digambarkan sebagai “komprehensif,” Trump menyebut kedua belah pihak sangat bangga dengan apa yang terjadi hari ini.

“Kami berdua ingin melakukan sesuatu, kami berdua akan melakukan sesuatu," tambahnya.

Wartawan BBC Laura Bicker menyebut ada empat poin kunci dari deklarasi yang ditandatangani Trump-Kim:

* Amerika Serikat dan DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea: Korea Utara) berkomitmen untuk membangun hubungan baru antara AS-DPRK sesuai dengan keinginan rakyat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.

* Amerika Serikat dan DPRK akan bergabung dengan upaya mereka untuk membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi menyeluruh di semenanjung Korea.

Halaman
1234
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help