Persatuan Dayak Kayan Kaltimra Dikukuhkan, Bupati Kutim Pesan Jaga Persatuan dan Kondusifitas Daerah

Ribuan warga suku Dayak Kayan yang tersebar di berbagai daerah, berkumpul untuk mengikuti Musyawarah Besar (Mubes) Lekan Maran

Persatuan Dayak Kayan Kaltimra Dikukuhkan, Bupati Kutim Pesan Jaga Persatuan dan Kondusifitas Daerah
Tribun Kaltim/Margaret Sarita
Bupati Kutim H Ismunandar melantik Pengurus Persatuan Dayak Kayan Kaltimra di Balai Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Suasana berbeda terjadi di Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur sepekan belakangan ini.

Ribuan warga suku Dayak Kayan yang tersebar di berbagai daerah, berkumpul untuk mengikuti Musyawarah Besar (Mubes) Lekan Maran di desa tersebut.

Bupati Ismunandar ikut hadir dalam kegiatan tersebut untuk mengukuhkan Pengurus Persatuan Dayak Kayan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) periode 2018-2023 di Balai Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Selasa (12/6/2018).

Baca: Jual Ayam di Atas Rp 45 Ribu per Kilogram, Barang Milik Pedagang Bakal Disita

Sebanyak 109 pengurus Persatuan Dayak Kayan dikukuhkan berdasarkan surat keputusan musyawarah besar yang digelar 11 Juni 2018. Dengan Ketua terpilih, Liet Ingai, Ketua I Tan Irang, Ketua II Irang Ajang, Ketua III, Usat Alaui dan Sekretaris Umum Jon Ifung serta Bendahara Ping Ding.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ismunandar mengimbau pada seluruh pengurus untuk mengeluarkan ide-ide dalam mengembangkan organisasi.

Pemkab Kutim, terus mendukung kegiatan kesukuan, termasuk Suku Dayak yang merupakan suku asli di Kabupaten Kutai Timur.

“Banyak potensi yang ada di dalam diri warga Suku Dayak. Terbukti, beberapa kepala dinas, kepala bagian, Camat dan perusahaan, yang memegang jabatan penting,” ujar Ismunandar.

Baca: Dengar Amien Rais Mau Nyapres, Jokowi Malah Komentar Begini

Karena, kata Ismunandar, membangun Kabupaten Kutai Timur, tidak bisa dilakukan sendiri. Harus bersama-sama.

“Kutai Timur terdiri dari banyak suku. Harus saling bersatu padu untuk pembangunan. Jaga kondusifitas yang sudah terjadi selama ini. Dengan semangat kebersamaan,” kata Ismunandar.

Selain pengukuhan pengurus, Mubes Dayak Kayan diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat suku Dayak di sekitar Kecamatan Kongbeng.

Ada pawai budaya yang diikuti sekitar 2.000 peserta, olahraga tradisional seperti lomba perahu panjang, menyumpit, gasing, tarik tambang dan panah alang. Ada pula pertandingan sepak bola, voli, badminton serta tari- tarian.

Baca: Harga Ayam di Tarakan Menggila, Warga Minta Pemerintah Turun Tangan

 Kegiatan ini merupakan wadah untuk menjalin silahturahmi antar suku dayak kayan, memperkuat persatuan dan kesatuan serta membahas berbagai hal penting untuk kemajuan dalam berbagai bidang.(*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved