Dinas Kesehatan Kutim Bikin SIKDA Berbasis Smartphone, Ini Manfaatnya untuk Warga

Dinas Kesehatan Kutai Timur terus meningkatkan pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Dinas Kesehatan Kutim Bikin SIKDA Berbasis Smartphone, Ini Manfaatnya untuk Warga
TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA
Para petugas puskesmas saat berlatih menggunakan aplikasi SIKDA di Ruang Serba guna Dinkes Kutim. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Dinas Kesehatan Kutai Timur terus meningkatkan pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Salah satunya dengan membuat Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) yang berbasis mobile phone. SIKDA menampilkan berbagai layanan Puskesmas dalam satu klik.

Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrani mengatakan, masyarakat bisa memperoleh informasi beragam pelayanan, mulai dari jadwal dokter, ketersediaan kamar di rumah sakit  hingga dokter apa saja yang ada di rumah sakit tersebut.

Semuanya dapat diperoleh dengan hanya memainkan telunjuk di layar ponsel.

Baca: Senangnya Pemudik. . . Biasanya Tempuh 16 Jam Perjalanan, Kini Cikarang-Delanggu hanya 6 Jam!

“Saat ini, kita masih fokus untuk layanan Puskesmas. Selanjutnya akan ke rumah sakit. Nanti warga bisa mengetahui dokter yang melayani, lalu pelayanan yang bisa digunakan hanya lewat smartphone. Sedangkan kemudahan untuk pihak puskesmas tinggal masukkan nomor BPJS pasien. Kemudian akan muncul data pasien, beserta riwayat penyakit dan penanggan yang telah diberikan," beber dr Bahrani, belum lama ini.

Senada, Pelaksana Tugas (Plt) Kasubag Perencanaan Dinkes Kutim,  Ery Muhammad Sadikin menambahkan sistem ini dibuat dengan fungsi merekam data pelayanan baik dari warga maupun faskes.

Baca: Demi Lancarnya Arus Mudik, Jembatan Ikonik Kalikuto Siap Difungsikan Siang Ini

“Selama ini, perekaman data dilakukan  manual.  Pasien dicatat kejadian penyakit, penanganan apa. Dengan aplikasi ini, data tersebut diinput dan semua terekam di sistem. Sehingga menjadi evaluasi pelaporan baik untuk pemerintah maupun terhubung ke Piker BPJS hanya dengan mengklik menu yang disediakan," ujar Ery.

Saat ini, lanjut Ery, sistem  masih ditekankan pada layanan puskesmas di seluruh Kutim. Itu pun masih dalam tahap penguatan, mulai dari SDM dengan sosialisasi penerapan di tujuh  puskesmas, di antaranya Puskesmas Teluk Lingga, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Lingga, hingga Tepian Baru.

Baca: Buruan Daftar! Pemain Bulutangkis Dunia Berlaga di Balikpapan, Catat Lokasi dan Waktunya

Kemungkinan usai lebaran pelatihan akan dilanjutkan di Kecamatan Sangkulirang, Muara Bengkal dan semua puskemas yang lainnya. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help