Lebaran, Objek Wisata di Berau Diprediksi Melonjak, Wisatawan Diimbau Pesan Akomodasi

Pulau Derawan dan Pulau Maratua merupakan tempat favorit bagi wisatawan, terutama saat libur panjang.

Lebaran, Objek Wisata di Berau Diprediksi Melonjak, Wisatawan Diimbau Pesan Akomodasi
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Selama libur Lebaran, diprediksi seluruh penginapan akan habis dipesan. Karena itu wisatawan diimbau untuk memastikan ketersediaan akomodasi sebelum berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Berau. 

TRIBUNKALTIM.CO TANJUNG REDEB- Pulau Derawan dan Pulau Maratua merupakan tempat favorit bagi wisatawan, terutama saat libur panjang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, hampir seluruh resort dan penginapan habis dipesan oleh wisatawan.

Kondisi yang sama diprediksi pada libur Lebaran tahun ini, karena libur cukup panjang. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Mappasikra Mappaseleng memperkirakan, kunjungan wisatawan saat libur Lebaran nanti bakal melonjak.

Berdasarkan laporan pemilik resort dan pengindapan di Kepulauan Derawan, semuanya telah habis dipesan. "Bisa jadi dua minggu sebelum Lebaran, semua penginapan dan resort sudah penuh," kata Mappasikra, Selasa (12/6).

Baca: Militer Filipina Tewaskan 22 Militan BIFF dan Hancurkan Pabrik Pembuat Bom di Mindanao Tengah

Meski begitu, Mappasikra mengatakan, ada beberapa alternatif tempat menginap jika resort dan penginapan di Pulau Derawan dan Maratua sudah habis dipesan. Wisatawan disarankan untuk menginap di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan.

"Karena biasanya, seluruh penginapan maupun homestay di Kecamatan Bidukbiduk, Kepulauan Derawan dan Maratua, sudah full booking sampai satu minggu setelah Lebaran," jelasnya.

Biasanya, warga yang bermukim di tempat-tempat wisata memanfaatkan rumahnya untuk penginapan kepada para wisatawan. Selain harga yang lebih terjangkau, wisatawan juga bisa merasakan langsung keramahan warga sekitar.

Baca: Diprotes Nelayan, Pihak Gunung Bayan Sebut Bongkar Muat Batu Bara Sudah Berizin

Mappasikra mengingatkan agar wisatawan memastikan terlebih dahulu ketersediaan menginap sebelum menuju ke tempat-tempat wisata di Berau.

"Tahun lalu banyak sekali wisatawan yang tidak mendapat tempat menginap. Bahkan ada yang memilih pulang karena bingung mau menginap di mana. Jadi sebaiknya pastikan dulu tempat menginapnya," tambah mantan Kabag Humas Pemkab Berau ini.

Pihaknya juga mengimbau kepada para wisatawan selalu memperbaharui laporan cuaca, mengingat sebagian besar wisatawan melintasi wilayah laut untuk menuju sejumlah pulau.

Disbudpar juga terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Kilmatologi dan Geofisika (BMKG), untuk memperbaharui informasi cuaca, guna memastikan kenyamanan dan keamanan para wisatawan yang berkunjung.

Baca: Resmi, Real Madrid Umumkan Pelatih Baru Pengganti Zinedine Zidane

Operator speed boat maupun jenis transportasi lainnya juga diimbau untuk lebih memperhatikan keselamatan wisatawan, dengan melengkapi alat-alat keselamatan seperti pelampung pada speed boat. (*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help