Mudik

Polisi Turunkan Kekuatan Penuh di Pelabuhan Antisipasi Tindak Kriminalitas

warga yang hendak mudik ke kampung halamannya telah memenuhi pelabuhan, kendati KM Adhitya baru berangkat pada Selasa (12/6) siang

Polisi Turunkan Kekuatan Penuh di Pelabuhan Antisipasi Tindak Kriminalitas
Tribun Kaltim/Christoper Desmawangga
Pemudik yang menggunakan jasa pelayaran di pelabuhan Samarinda, tujuan Parepare, Sulawesi Selatan 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - H-3 hari raya idul fitri, terjadi peningkatan penumpang di pelabuhan Samarinda, jalan Yos Sudarso, Selasa (12/6).

Dari pantauan tribunkaltim.co di pelabuhan pada Senin (11/6) malam kemarin, warga yang hendak mudik ke kampung halamannya telah memenuhi pelabuhan, kendati KM Adhitya baru berangkat pada Selasa (12/6) siang dengan tujuan Parepare, Sulawesi Selatan.
Kepolisian pun telah siaga dalam pengamanan disekitar pelabuhan, guna antisipasi terjadinya tindak kriminalitas.

"Kita turun dengan kekuatan penuh, di back up juga dari Polres dan Brimob dalam pengamanan arus mudik di pelabuhan," ucap Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda, Kompol Erick Budi Santoso, Selasa (12/6).

Lanjut dia menjelaskan, lonjakan penumpang telah terjadi sejak H-8 lebaran, dan puncaknya pada Minggu (10/6) kemarin, lalu diprediksi kembali mengalami peningkatan pada dua hari terakhir keberangkatan ke Parepare, yakni pada Selasa (12/6) dan Rabu (13/6).

"Besar kemungkinan akan kembali mengalami lonjakan di dua hari terakhir, makanya kita turunkan kekuatan penuh," tegasnya.

"Kita juga lakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang dibawa, kalau memang mencurigakan kita akan geledah, ini sebagai langkah antisipasi gangguan keamanan, terutama aksi terorisme," tambahnya.

Dia menghimbau, agar warga yang hendak mudik dengan menggunakan jalur air, dapat datang tepat waktu, dan jangan membawa barang yang menonjol terutama perhiasan, yang dapat memancing tindak kejahatan.

"Untuk yang naik kapal, pastikan memiliki dan membawa tiket, datang tepat waktu, jangan sampai tertinggal kapal," tutupnya. (cde)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help