Memaknai Idul Fitri, Hetifah: Ramadan Ajang Berbagi dan Silaturahim

Setiap muslim menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita. Bagi umat Islam, Idul Fitri memiliki beragam makna.

Memaknai Idul Fitri, Hetifah: Ramadan Ajang Berbagi dan Silaturahim
IST
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Setiap muslim menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita. Bagi umat Islam, Idul Fitri memiliki beragam makna.

Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Timur-Kalimantan Utara memaknai Idul Fitri sebagai momentum meningkatkan kualitas diri.

"Kita sudah berpuasa sebulan penuh. Puasa itu ibarat ujian. Kalau sudah kita lalui berarti kualitas hidup dan ibadah kita meningkat," ujar Hetifah.

Hetifah sendiri memaknai Ramadan sebagai ajang berbagi dan silaturahim. "Mungkin di antara kita sudah sekian lama tidak bertemu. Nah, sepanjang Ramadan kita bisa berbagi dan bersilaturahmi," lanjut Hetifah.

Baca: Empat Paslon Siap Gelar Open House Lebaran, Catat Agenda dan Tempatnya

Ramadan kali ini saya melakukan Safari Ramadan dan berbuka puasa dengan berbagai komunitas, menyempatkan waktu mengunjungi tokoh-tokoh perempuan yang sudah sepuh, menyantuni para lansia, juga bersilaturahmi dengan tetangga di seputar Rumah Aspirasi di wilayah Air Hitam.

Hetifah tidak melewatkan bulan Ramadan dan Idul Fitri kali ini begitu saja. Bahkan di bulan Ramadan kemarin, ia berkali-kali mengadakan berbagai pelatihan secara gratis bagi masyarakat.

"Berbagi di Ramadan kan tidak hanya rezeki. Tetapi juga berbagi ilmu. Alhamdulillah selama puasa kali ini saya bisa mengadakan pelatihan manajemen program, bedah anggaran, videografi, citizen jurnalisme, pelatihan bagi UMKM, juga yang terakhir pelatihan fotografi untuk medsos. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat bagi banyak orang," papar Hetifah.

Selain kegiatan yang dilaksanakan oleh Rumah Aspirasi, ada Beberapa kegiatan lain yang tak kalah berkesan bagi Hetifah saat Ramadan di Kaltim, antara lain turut membuka Lomba Bagarakan Sahur yang dilaksanakan RRI Samarinda, Festival Laduman yang diinisiasi Komunitas JELAJAH, serta Festival Da'i Cilik Sekolah yang diadakan Tepian TV.

Baca: Awas Bawaslu Turunkan Tim Undercover, Incar Paslon Bagi-bagi THR saat Lebaran

"Selain bisa menjadi ajang silaturahmi, kegiatan serupa itu juga bisa melestarikan budaya dan mengasah ketrampilan," puji Hetifah.

"Di hari fitri ini, saya dan keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, khususnya kepada umat Islam di Kaltim dan Kaltara. Mohon maaf jika selama ini saya ada kesalahan maupun kekurangan dalam menjalankan amanah masyarakat Kaltim-Kaltara. Semoga kita semua kembali suci setelah selama sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadan," ucap Hetifah. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help