Buaya Tiga Meter Menyerang Warga di Nunukan

Seekor buaya muara ukuran panjang 3 meter turun ke tepian menyerang seorang warga bernama Tunding hingga luka-luka di bahu.

Buaya Tiga Meter Menyerang  Warga di Nunukan
kompas.com
Buaya muara sepanjang 3 meter yang sempat menyerang warga Mamolo Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Buaya yang sempat ditangkap ini kemudian dilepas warga. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Tunding (35), warga Mamolo, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara diserang seekor buaya muara sepanjang sekitar tiga meter, Minggu (17/6/2018).

Kamarudin, tetangga korban yang menyaksikan peristiwa tersebut bercerita, Tunding saat itu sedang membetulkan geladak jemuran rumput lautnya yang rusak.

Diduga buaya tersebut kaget saat Tunding, yang berprofesi petani rumput laut, turun ke air. Buaya itu kemudian menyerang. "Kejadiannya sekitar pukul 10.00 Wita. Air laut masih pasang saat si Tunding turun.

"Buayanya diduga kaget karena setelah itu langsung pergi," ujar Kamarudin, Senin (18/6/2018). Akibat serangan buaya tersebut, Tunding mengalami sejumlah luka di bahu, tangan serta bibir bagian atas. Korban mendapat beberapa jahitan.

Buaya muara sepanjang 3 meter yang sempat menyerang warga Mamolo Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Buaya yang sempat ditangkap ini kemudian dilepas warga.
Buaya muara sepanjang 3 meter yang sempat menyerang warga Mamolo Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Buaya yang sempat ditangkap ini kemudian dilepas warga. (kompas.com)

Baca: Buaya Resahkan Pengunjung Pantai Ancol, Basarnas Lakukan Penyisiran

Baca: Buaya Terlihat Belasan Kali di Dermaga Pondok Dayung, Ini yang Dilakukan Polairud

Baca: Obati Jerawat dengan Lidah Buaya, Ini 4 Cara yang Gampang Dicoba

Kamarudin mengatakan, warga Mamolo sudah terbiasa dengan belasan buaya muara yang sering terlihat berjemur di Sungai Mamolo.

Warga setempat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan juga sering memberi ikan hasil tangkapan mereka saat pulang melaut kepada para buaya. 

"Habis kejadian itu buaya itu pergi di sekitar sungai karena ada warga memberi ikan. Warga sini biasa memberi ikan sepulang melaut," ucapnya.

Selain buaya muara yang menyerang Tuding, Kamarudin mengaku, ada juga buaya yang ukurannya lebih besar. Buaya itu biasa terlihat di sekitar Pantai Mamolo.

Baca: Dramatis, Seekor Buaya Bertarung Melawan Ular Paling Berbisa Pembunuh Ribuan Manusia di Asia

Baca: Coba Lihat Gambar Ini, Buaya atau Burung? Bisa Jadi Gambaran Kepribadian

Baca: Diamankan Satpol PP, Begini Kalimat Pria Tua yang Mainkan Jurus Ala Buaya Terkam Mangsa

Warga Mamolo berharap, pemerintah daerah Nunukan mengelola keberadaan puluhan buaya tersebut dengan membuatkan tempat khusus seperti tempat penangkaran buaya.

"Aktivitas masyarakat sini semua di laut. Kami harap pemerintah daerah mengelola keberadaan biaya di sini dengan membuat penangkaran buaya.

Kan bisa jadi tempat pariwisata juga, kami juga aman melakukan aktifitas," kata Kamaruddin.(kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buaya Sepanjang 3 Meter Serang Warga di Nunukan", https://regional.kompas.com/read/2018/06/18/11542231/buaya-sepanjang-3-meter-serang-warga-di-nunukan.
Penulis : Kontributor Nunukan, Sukoco
Editor : Sandro Gatra

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help