Masuk Warisan Budaya Unesco

Ukiran Batu Jebbah dan al-Shwemas Catatan Sejarah Otentik Arab Saudi 10.000 SM

Jebbah dan al-Shwemas merupakan situs sejarah kuno Arab Saudi 10.000 tahun silam, yang masuk dalam warisan Budaya Dunia.

Ukiran Batu Jebbah dan al-Shwemas Catatan Sejarah Otentik Arab Saudi 10.000 SM
alarabiya.net
Inilah ukiran di bebatuan kuno yang mengunggakap sejarah Arab Saudi 10.000 tahun sebelum masehi, situs ini sekarang menjadi Warisan Dunia Unesco. 

UKIRAN batu kuno di Jebbah dan al-Shwemas merupakan catatan sejarah masa lampau Arab Saudi 10.000 tahun silam. Kini Unesco menetapkan gambar sejarah kuno pada batu ini sebagai Warisan Dunia.

Gambar-gambar kuno di Jebbah dan al-Shwemas telah mengungkapkan bahwa kedua wilayah tersebut merupakan salah satu situs arkeologi yang paling penting di Arab Saudi.

Ditandai dengan batu besar mereka yang berasal lebih dari 10.000 Tahun SM yang menampilkan gambar ukiran kuno, Jebbah dan al-Shwemas terdaftar sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Batu berukir manusia
Batu berukir manusia (alarabiya,net)
Batu berukir hewan seperti menarik roda.
Situs ini masuk Warisan Dunia, pada zaman keempat kerajaan di kawasan Madain Saleh, distrik Tarif, dan Jeddah. Batu berukir hewan seperti menarik roda. (alarabiya.net)

Baca: Ikuti Jejak Sekutunya Amerika Serikat, Israel Juga Keluar dari Badan PBB UNESCO

Baca: Wisatawan Perempuan Dilarang Masuki Pulau Warisan Dunia UNESCO Jepang

Baca: UNESCO Deklarasikan Kota Tua Hebron di Tepi Barat Milik Palestina

Mereka dianggap sebagai situs Warisan keempat di kerajaan setelah Madain Saleh, distrik Tarif, dan Jeddah bersejarah, yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia.

Terletak di pusat cekungan dikelilingi oleh bukit pasir di semua sisi, Jebbah adalah salah satu situs bebatuan paling penting dan tertua di Arab Saudi. Ini memiliki beberapa prasasti dan gambar di bebatuan di Gunung Am Sanman dan beberapa gunung di dekatnya.

Prasasti pada sebuah batu yang terbelah
Prasasti pada sebuah batu yang terbelah (alarabiya.net)
Bebatuan bergambar unta
Bebatuan bergambar unta (alarabiya.net)

Baca: Ini Manfaatnya Jika Unesco Akui Karst Sangkulirang Mangkalihat

Baca: Rhoma Irama Akan Bawa Dangdut ke UNESCO

Baca: Tenun Songket Akan Didaftarkan ke Unesco

Peneliti Abdul Elah al-Fares mengatakan kepada Al Arabiya bahwa situs ini berawal dari tiga periode sejarah yang berbeda, tetapi akhir-akhir ini ditemukan bahwa itu tanggal lebih jauh periode zaman keempat. Dari gaya gambar dan ukiran, Fares mengatakan periode keempat adalah pada masa awal Islam.

Prasasati di bebatuan
Prasasati di bebatuan (alarabiya.net)
Diding batu bergambar hewan dan pepohonan
Diding batu bergambar hewan dan pepohonan (alarabiya.net)

 Al-Shwemas terletak sekitar 320 kilometer barat daya kota Hail. Prasasti-prasasti pada batu karangnya berasal lebih dari 10.000 tahun sebelum masehi. Daerah ini memiliki banyak gua dan gunung berapi yang tersisa.(alarabiya.net/ps)

Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help