Kesehatan

Wanita yang Sering Bangun Siang Rentan Depresi

Mereka yang terbiasa bangun pagi atau siang hari biasanya juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Wanita yang Sering Bangun Siang Rentan Depresi
Instagram
Ilustrasi - Tidur, bangun kesiangan 

TRIBUNKALTIM.CO - Kebiasaan bangun pagi bukan cuma membuat kita lebih segar dan punya banyak waktu melakukan aktivitas, tapi juga ternyata menjauhkan dari depresi.

Demikian menurut kesimpulan dari penelitian yang dilakukan tim University of Colorado di Boulde, University of Brigham dan Women’s Hospital di Boston.

Penelitian itu melibatkan dari 32.000 wanita berusia rata-rata 55 tahun, selama empat tahun.

Disebutkan, wanita yang secara alami bangun lebih awal memiliki risiko penyakit mental yang lebih rendah. Ini terkait dengan paparan sinar matahari pagi.

Periset mencoba mencari hubungan antara gangguan mood dengan chronotype , yaitu kemampuan tubuh seseorang melakukan sinkronisasi dalam 24 jam.

Mereka yang terbiasa bangun pagi atau siang hari biasanya juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Peneliti menyimpulkan mereka yang terbiasa bangun lebih awal dan tidak begadang, memiliki peluang sebesar 12 hingga 27 persen lebih kecil menderita depresi.

Bahkan, risiko tertinggi tetap dialami oleh mereka yang hobi bangun siang meski faktor-faktor lain yang diduga menjadi pemicu depresi dianalisis, seperti kesepian dan gaya hidup merokok.

"Ini memberi tahu kita adanya kemungkinan efek chronotype pada risiko depresi yang tidak didorong oleh faktor lingkungan dan gaya hidup," kata Céline Vetter, selaku pemimpin riset.

Ia juga menambahkan paparan cahaya matahari pada tubuh turut mempengaruhi chronotype, dan risiko depresi.

Pola tidur seseorang memang merupakan faktor risiko independen untuk depresi. Namun, ini bukan berarti mereka yang gemar begadang pasti memiliki masalah kesehatan mental.

"Ya, chronotype relevan ketika berhubungan dengan depresi, tetapi efeknya sangat kecil," paparnya.

Walau begitu, ia menyarankan agar cukup tidur, berolahraga dan menghabiskan waktu di luar rumah agar terkena paparan sinar matahari pagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hobi Bangun Siang Bikin Wanita Rentan Depresi"

Editor: Alfiah Noor Ramadhany
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help