Pilgub Kaltim 2018

Alasan Ini yang Bikin Sekda Kukar Yakin Partisipasi Pemilih di Pilgub Naik

dulu itu tingkat partisipasi jadi rendah karena ada orang yang seharusnya meninggal datanya masih ada

Alasan Ini yang Bikin Sekda Kukar Yakin Partisipasi Pemilih di Pilgub Naik
TRIBUN KALTIM/RAHMAD TAUFIK
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kukar Marli 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meyakini tingkat partisipasi pemilih dalam Pilgub Kaltim 2018 yang digelar serentak Rabu (28/6/2018) besok, bakal naik dibandingkan pelaksanaan Pilkada sebelumnya.

Semua pihak seperti KPU, Kesbangpol dan tim relawan pasangan calon (paslon) juga sudah melaksanakan sosialisasi di beberapa daerah sampai ke wilayah kelurahan atau pedesaan agar menggunakan hak pilih mereka di hari pemungutan suara.

"Saya yakin tingkat partisipasi pemilih dalam Pilgub Kaltim bakal naik dari Pilkada sebelumnya karena kita sudah memvalidkan data, dulu itu tingkat partisipasi jadi rendah karena ada orang yang seharusnya meninggal datanya masih ada, adapula orang yang sudah pindah tempat, datanya juga masih ada sehingga pembaginya besar lalu persentasenya malah kecil, nah sekarang kami validkan data-data itu," kata Marli, Selasa (26/6/2018).

Baca: Akomodir Pasien RSUD, KPUD PPU Siapkan TPS Mobile

Ia meyakini tingkat partisipasi Pilgub Kaltim 2018 lebih tinggi daripada Pemilihan Bupati 2018 yang mencapai 58,93% atau lebih tinggi dari Pilgub Kaltim 2013 yang mencapai 53,97%.

Soal golput, menurutnya, banyak faktor penyebabnya.

"Kita berupaya maksimal untuk memberikan pemahaman kepada calon pemilih, betapa besar dan penting makna satu suara untuk menentukan pemimpin kita pada 5 tahun ke depan, kami sudah melaksanakan sosialisasi tapi kalau masyarakat punya pemikiran lain dengan tidak memberikan hak suaranya, maja kita juga tidak bisa memaksa, ini tergantung kesadaran masyarakat," ujarnya.

Baca: Ada Serangan Fajar, Kepolisian Bakal Lakukan Operasi Tangkap Tangan

Terkait kesiapan Pilgub Kaltim 2018 di Kukar, Marli sebagai Ketua Desk Pilkada Kukar sudah beberapa kali melakukan koordinasi, rapat dan peninjauan langsung ke lokasi, ditambah laporan dari Kesbangpol, KPU dan Panwaslu.

Sejauh ini persiapan sudah berjalan sesuai target dan rencana.

"Hari ini merupakan hari terakhir persiapan, kemarin kami sudah meninjau 2 lokasi TPS yang akan dikunjungi gubernur. Saya melihat untuk Kukar sudah siap, namun hal-hal kecil kita tidak bisa mendeteksinya, mudah-mudahan kita yang diberikan tugas untuk menyukseskan Pilgub Kaltim bisa menjalankannya dengan baik," ucapnya.

Data Tingkat Partisipasi Pemilih di Kukar:

-Pemilihan Bupati 2010. : 65,61%

-Pemilihan Gubernur 2013. : 53,97%

-Pemilu Legislatif 2014. : 68,46%

-Pemilu Presiden 2014. : 63,36%

-Pemilihan Bupati 2015. : 58,93%

Sumber: Kesbangpol Kukar. 

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved