Kecerdasan Buatan Google Disebut-sebut Mampu Prediksi Kapan Seseorang Meninggal Dunia

Kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI) ciptaan Google bisa memprediksi kapan seseorang akan meninggal dunia.

Kecerdasan Buatan Google Disebut-sebut Mampu Prediksi Kapan Seseorang Meninggal Dunia
eznewlife.com
Ilustrasi ketika nyawa meninggalkan raga. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kematian merupakan salah satu misteri terbesar dunia. Tidak ada orang yang benar-benar bisa memprediksi kematian seseorang, dokter sekalipun.

Namun, baru-baru ini, dalam sebuah makalah terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature menyebut bahwa kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI) ciptaan Google bisa memprediksi kapan seseorang akan meninggal dunia.

Hal ini bisa dilakukan oleh kecerdasan buatan tersebut dengan memasukkan data catatan kesehatan elektronik milik seseorang.

Ilustrasi
Ilustrasi (kompas.com)

Baca: Innalillahi, John Tralala, Seniman Madihin Asal Kalimantan Meninggal Dunia

Baca: Bocah 2,5 Tahun Dianiaya Ayah Tirinya Hingga Meninggal

Baca: Sebelum Meninggal, Harry Moekti Punya Agenda Isi Ceramah

Selanjutnya, dengan model pembelajaran yang mendalam didapatkan hasil prediksi yang secara substansial berakurasi tinggi. Bukan Menakuti Dirangkum dari Futurism, Senin (18/06/2018), dalam uji coba penelitian ini, para peneliti menggunakan data 216.000 pasien dewasa dari dua rumah sakit di AS.

Hasilnya, para peneliti bisa menunjukkan bahwa algoritma ini bisa memprediksi kapan pasien harus dirawat di rumah sakit hingga waktu kematiannya.

"Kami tertarik untuk memahami apakah pembelajaran yang mendalam dapat menghasilkan prediksi yang valid di berbagai macam masalah dan hasil klinis," tulis para peneliti dalam laporan mereka dikutip dari Fox News, Rabu (20/06/2018).

"Oleh karena itu, kami memilih hasil dari domain yang berbeda, termasuk hasil klinis yang penting (kematian), ukuran standar kualitas perawatan (readmissions), ukuran pemanfaatan sumber daya (lama tinggal), dan ukuran pemahaman masalah pasien (diagnosa)," imbuh mereka.

Meski bisa digunakan untuk memprediksi kematian seseorang, kecerdasan buatan ini bukan untuk menakut-nakuti.  Sebaliknya, teknologi tersebut akan digunakan oleh para ahli untuk memprioritaskan perawatan pasien, menyesuaikan rencana perawatan, hingga menangkap keadaan darurat medis yang terjadi.

Akurasi Tinggi Dalam prediksinya, kecerdasan buatan milik Google ini punya akurasi yang tinggi. Angka akurasi prediksi kematian pasien pada rumah sakit pertama menunjukkan angka hingga 95 persen.

Ilustrasi ketika nyawa meninggalkan raga.
Ilustrasi ketika nyawa meninggalkan raga. (eznewlife.com)

Baca: Kabar Duka, Vinnie Paul Drumer Legendaris Band Metal Pantera Meninggal Dunia

Baca: Kartika Putri Dikabarkan Meninggal Dunia, Begini Unggahannya: Ini Aku Asli, Bukan Arwah. . .

Baca: Kabar Duka, Ginan Koesmayadi Vokalis Jeruji Band Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung

Sedangkan pada rumah sakit kedua menunjukkan akurasi 93 persen. "Ini secara signifikan lebih akurat daripada model prediksi tradisional," tulis para peneliti dalam laporannya dikutip dari The Independent, Rabu (20/06/2018).

Halaman
12
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help