Pilgub Kaltim 2018

Kotak Suara Dibungkus Plastik, Distribusi Logistik Pilkada di Bontang Dikawal Petugas

Logistik Pilgub Kaltim secara serentak mulai didistribusikan, Selasa (26/6) pagi. Komisi Pemilihan Umum Bontang menyalurkan logistik

Kotak Suara Dibungkus Plastik, Distribusi Logistik Pilkada di Bontang Dikawal Petugas
Tribun Kaltim/Margaret Sarita
Distribusi logistik di kawasan pesisir Kutim 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Logistik Pilgub Kaltim secara serentak mulai didistribusikan, Selasa (26/6) pagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang menyalurkan logistik pilkada ke 275 TPS tersebar se-Kota Bontang.

Prosesi pelepasan logistik dipimpin Walikota Bontang Neni Moerniaeni bersama Ketua KPU Bontang Suardi, Kapolres AKBP Siswanto Mukti, dan Dandim 0908/Btg Letkol Arh Gunawan Wibisonodan di depan kantor KPU jalan Awang Long, Bontang Utara.

Ketua KPU Suardi mengatakan seluruh logistik pilkada dijamin masih tersegel penuh. Proses pengepakan dan pelipatan kertas suara mendapat pengawasan ketat dari jajaran kepolisian. Mereka bertugas siang malam mengawasi petugas KPU dalam penyiapan logistik.

Baca: Pemusnahan Surat Suara Rusak dan Kelebihan Surat Suara di Dua Kabupaten, Begini Suasananya. . .

Ia menjelaskan, pada Pilgub Kaltim 2018 ini, pemilih Bontang terdaftar sebanyak 141.111 orang. Angka ini mengalami penurunan dibanding Pilwali 2015 lalu sebanyak 7 ribu pemilih. Penurunan jumlah DPT karena beberapa faktor, seperti migrasi penduduk dan pemilih yang telah meninggal dunia.

Terkait distribusi logistik, Suardi memastikan seluruh TPS akan menerima logistik hari ini juga. Termasuk 4 TPS yang berada di pemukiman atas laut, yakni Pulau Gusung, Kampung Melahing, Tihi-Tihi dan Selangan.

Baca: Zairin Ingatkan Jaang, Masih Ada Beberapa Lokasi Banjir yang Berat di Samarinda

Distribusi ke wilayah pesisir mendapat pengawalan penuh dari petugas Polairud. Bahkan, Kapolres dan Dandim 0908 turut ikut dalam rombongan distribusi ke pesisir. Pengepakan logistik untuk pesisir dikhususkan.

Kotak suara dibungkus dalam plastik, begitu pun dengan surat suara dan peralatan lainnya. Hal ini dilakukan agar logistik tetap terjaga jika terkena percikan air atau terjatuh ke laut. Sekadar informasi, pemilih di wilayah pesisir sebanyak 558 pemilih. Pemilih terbanyak di Pulau Gusung sebanyak 190 orang. (*)

Penulis: Udin Dohang
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help