Pilgub Kaltim 2018

46 Ribu Warga Bontang Golput, Partispasi Pemilih Pilgub Turun 5 Persen

Partisipasi pemilih pada pemungutan suara Pilgub Kaltim 2018 di Kota Bontang relatif minim.

46 Ribu Warga Bontang Golput, Partispasi Pemilih Pilgub Turun 5 Persen
Tribun Kaltim
Para kandidat Pilgub Kaltim 2018 saat mencoblos di TPS 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Partisipasi pemilih pada pemungutan suara Pilgub Kaltim 2018 di Kota Bontang relatif minim. Jumlah pemilih hari pencoblosan kemarin hanya 58 persen dari total 112.730 pemilih.

Hasil ini menempatkan Kota Bontang sebagai daerah dengan tingkat partisipatif rendah, meski masih di atas 4 kabupaten lainnya.

Komisioner KPU Bontang, Iffa Rosita mengatakan dari hasil penghitungan sementara partisipasi pemilih untuk Pilgub Kaltim 2018 menurun sekitar 5,45 persen dibanding Pilwali 2015. Jumlah ini setara 6 ribuan orang.

Baca: Isran Noor: Tenang, Belanda Sudah Lari . . . 

"Yang tidak menggunakan hak pilihnya sekitar 45 ribu pemilih yang tak mencoblos kemarin," kata Iffa kepada wartawan saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (28/6) petang.

Dikemukakan, alasan rendahnya partisipasi pemilih saat hari pencoblosan karena beberapa faktor. Dia menyebutkan salah satunya, pengaruh cuaca. Hujan yang mengguyur Kota Bontang saat jam pemungutan suara memperngaruhi tingkat partisipasi pemilih.

Hujan gerimis sejak pagi membuat pemilih enggan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat. Ini disebut-sebut menjadi salah satufaktor minimnya partisipasi pemilih. Selain itu, dia juga mengatakan rendahnya pemilih akibat musim libur anak sekolah.

Baca: Tingkat Partisipasi Pemilih Tak Mencapai Target, Begini Analisa KPU Soal Penyebab Tingginya Golput

Sejumlah warga yang terdaftar sebagai pemilih diketahui masih berada di kampung halaman. Momen mudik selama libur lebaran membuat banyak pemilih belum kembali ke Bontang.

Ini pun terlihat dari formulir C6 yang kembali ke KPU akibat pemilih tak berada di rumah saat pengantaran form ke rumah mereka. "Total form C6 yang tak terdistribusi sekitar 20.255 form," kata Ifa kepada wartawan.

Rendahnya pemilih juga dipengaruhi faktor Piala Dunia. Beberapa kasus ditemui di lapangan. Banyak pemilih yang menonton pertandingan bola hingga larut malam. Akibatnya, mereka bangun siang saat hari pemungutan suara.

Baca: Menang Versi Hitung Cepat, Ini Rencana Jangka Pendek Isran Noor

Dari laman infopemilu.kpu.go.id Kecamatan Bontang Utara dengan penyumbang jumlah golput tinggi sebanyak 19.895 orang, kemudian Bontang Selatan angka pemilih yang tak menggunakan hak pilihnya sejumlah 17.590 orang,

Terakhir Bontang Barat dengan jumlah Golput sejumlah 8.801 pemilih. Untuk total keseluhan pemilih yang tak menggunakan hak pilhnya sebanyak 46.286 orang yang tak memilih saat hari pencoblosan kemarin. (*)

Penulis: Udin Dohang
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved