Pilgub Kaltim 2018

Unggul Hasil Hitung Cepat Lembaga Survei, Isran Noor Minta Pendukungnya tak Berlebihan

Pesta demokrasi, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim telah usai ditandai dengan tahapan pencoblosan.

Unggul Hasil Hitung Cepat Lembaga Survei, Isran Noor Minta Pendukungnya tak Berlebihan
tribunkaltim.co/anjas pratama
Pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi, Cagub Cawagub nomor urut 3 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pesta demokrasi, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim telah usai ditandai dengan tahapan pencoblosan. Secara umum, pelaksanaan pemungutan suara, Rabu (27/6) kemarin berlangsung cukup lancar dan kondusif. Hujan gerimis sejak pagi tak menyurutkan masyarakat Kaltim mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Seperti biasa, setiap proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) selalu ada hasil hitung cepat atau quick count yang digelar sejumlah lembaga survei. Termasuk dalam Pilkada Kaltim kali ini, hitung cepat dilakukan dua lemba survei, yakni Indobarometer dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Hingga pukul 20.00 Wita, sample suara dari sejumlah TPS yang masuk hampir mencapai 100 persen. LSI mencatat jumlah suara yang masuk mencapai kurang lebih 98 persen. Sementara Indobarometer mencatat 99 persen suara yang masuk.

Baca: Hitung Cepat LSI, AGM-Hamdam Unggul di Pilbup PPU, Ini Tanggapan Gafur

Hasil quick count LSI dan Indobarometer untuk Pilgub Kaltim, menunjukkan pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi menang. Hasil hitung cepat LSI menunjukkan pasangan nomor urut 3 yang diusung PKS, Partai Gerindra dan PAN ini meraih 31,46 persen. Sementara hitung cepat Indobarometer Isran-Hadi mendapat 30,68 persen.

Pasangan nomor urut 4 Rusmadi-Safaruddin meraih 24,38 persen suara versi hitung cepat LSI, dan 24,71 persen suara versi hitung cepat Indobarometer. Selanjutnya, pasangan nomor urut 2 diusung Partai Demokrat, PKB, dan PPP Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat mendapat 23,14 persen suara versi hitung cepat LSI, dan 22,55 persen suara versi hitung cepat Indobarometer.

Selanjutnya pasangan nomor urut 1 yang diusung Partai Golkar dan NasDem, Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail dengan 21,01 persen suara versi hitung cepat LSI, dan 22,07 persen suara versi Indobarometer.

Cagub Isran Noor sendiri ikut memantau hasil perkembangan Pilgub Kaltim sejak pagi hari. Usai mencobos bersama keluarga di TPS Sungai Kunjang, bersama Cawagub Hadi Mulyadi langsung terbang menggunakan helikopter memantau pelaksanaan coblosan di Bontang, Kutim dan Kukar.

Baca: Unggah Status Usai Unggul di Hitung Cepat, Dalam 1 Jam Instagram Kang Emil Dapat 33 Ribu Komentar

Tribun Kaltim turut serta memantau pelaksaan pencoblosan bersama rombongan Isran-Hadi. Sekitar pukul 16.00 Wita, Isran menyimpulkan hasil dari beberapa lembaga quick count, yang membuatnya langsung bertolak ke Samarinda. Ini tak lepas dari hasil lembaga quick count yang rata-rata sudah mendapatkan 70 persen suara masuk di waktu tersebut.

Ratusan warga ikut berkumpul di kediaman Isran sebagai Posko Pemenangan saat dirinya tiba. Shalawat Nabi ikut didengungkan sejak Isran-Hadi keluar dari pintu mobil sampai masuk rumah. Banyaknya warga yang hadir, membuat Isran sempat harus menunggu beberapa saat hingga akhirnya menjelaskan kepada awak media terkait hasil hitung cepat lembaga survei yang memenangkan paslon nomor 3 tersebut.

"Saya yakin dengan apa yang sudah disampaikan lembaga quick count ini. Dan saya rasa apa yang ada di hasil quick count adalah hasil akhir yang nantinya akan ditetapkan KPU," ucap Isran. Menanggapi hasil quick count tersebut, Isran tetap meminta kepada relawan, timses hingga pendukungnya tidak berlebihan menyikapi hasil dari quick count tersebut.

"Pertama, bersyukur. Kemudian jangan sampai berlebihan dalam menanggapi hasil quick count ini. Biasa-biasa saja. Santai-santai saja. Tak usah dipikirkan terlalu banyak. Kegembiraan yang berlebih itu menurut saya kurang bagus," ucap Isran.

Baca: Saat Salurkan Hak Pilihnya, Bupati - Wabup Kutim Kompak bareng Istri dan Keluarga, Lihat Suasananya

Mantan Bupati Kutim ini siap melakukan silaturahmi dengan ketiga paslon yang ikut dalam Pilkada Kaltim. Hal ini guna memberikan pelajaran politik yang baik pada masyarakat.

Beberapa janji yang telah disampaikan kepada masyarakat saat kampanye pun akan ditepati. "Saya akan datang ke daerah yang suara pemilihan Isran-Hadi di atas 80 persen. Itu janji saya. Nanti saya bawa sapi ke sana. Kalau janji harus ditepati. Jangan janjimu taroe," ucap Isran. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help