Pilgub Kaltim 2018

Berkat Peran Masyarakat, Pilgub Kaltim di Berau Berjalan Kondusif

Polres Berau terus melakukan evaluasi, pelaksanaan Pilgub Klatim 2018 ini berjalan lancar dan aman.

Berkat Peran Masyarakat, Pilgub Kaltim di Berau Berjalan Kondusif
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit bersama jajaran Polda Kaltim, sempat meninjau langsung sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sela-sela pelaksanaan Pilgub. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Geafry Necolsem

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Meski tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) belum berakhir, namun jajaran Polres Berau terus melakukan evaluasi, pelaksanaan Pilgub Klatim 2018 ini berjalan lancar dan aman.

Bahkan Kapolres Berau, AKBP Pramuja Sigit bersama jajaran Polda Kaltim, sempat meninjau langsung sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sela-sela pelaksanaan Pilgub.

AKBP Pramuja Sigit Wahono mengatakan, kondisi yang kondusif ini, merupakan bagian dari peran serta masyarakat Berau.

“Pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018 di Kabupaten Berau, secara umum kondusif. Berjalan damai dan kondusif. Situasi ini tidak mungkin tercapai tanpa peran serta masyarakat,” ujarnya, Jumat (29/6/2018).

Baca: Hasil Hitung Cepat Resmi KPU Kaltim Capai 97,45 Persen, Ini Urutan Pemenangnya

Pihaknya berharap, kondusfitas ini terus dipertahankan, hingga seluruh tahapan Pilgub Kaltim 2018 berakhir.

"Saya harapkan situasinya tetap aman. Saya juga yakin, jika kita bersama-bersama menjaga kondusifitas, Kabupaten Berau akan tetap aman,” tegasnya.

Polres Berau juga terjun langsung dalam pendistribusian surat suara, hingga pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam pengamanan Pilgub Kaltim 2018 ini, Polres Berau menerjunkan 1.600 personel dari lintas instansi.

Selain personel polisi, bersama jajaran TNI, juga mendapat bantuan Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Satpol PP dan Linmas.

Baca: Nelayan Manggar Perlu Tentukan Titik Koordinat Pergeseran Bongkar Muat Baru Bara

Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) ini akan terus berlanjut hingga Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan digelar tahun 2019 nanti.

Karena itu, Sigit mengimbau masyarakat agar terus menjaga kondusifitas, tidak mudah terpancing dengan hoax atau informasi palsu yang dapat menimbulkan perpecahan dan konflik.

Pramuja Sigit mengatakan, suksesnya pelaksanaan Pilgub Kaltim di Berau, bukan hanya dilihat dari tingkat partisipasi pemilih.

Tapi juga kelancaran dan keamanan saat pelaksanaan juga menjadi indikator suksesnya penyelenggaraan Pemilu di daerah. (*)

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved