Pilkada Tarakan

Hasil Hitung Cepat KPU, Pasangan Khairul - Effendhi Djuprianto Unggul di Pilkada Tarakan

hasil perhitungan melalui Situng merupkaan hasil entry data yang dikumpulkan dari 300 Tempat Pemugutan Suara (TPS)

Hasil Hitung Cepat KPU, Pasangan Khairul - Effendhi Djuprianto Unggul di Pilkada Tarakan
Tribun Kaltim/Junisah
Calon Walikota Tarakan Khairul bersama istri mencoblos di TPS 8 Kelurahan Sebengkok, Rabu (27/6/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO - Berdasarkan hasil perhitungan cepat perolehan suara melalui Sistem Informasi Perhitungan (Situng) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan pasangan calon (paslon) urut 2 Khairul-Effendhi Djuprianto unggul dengan perolehan suara 28.208.

Lalu disusul dengan paslon nomor urut 1 Umi Suhartini-Mahrudin Mado dengan perolehan suara 25.524 suara, Setelah itu paslon nomor urut 4 Sofian Raga- Sabar Santuso perolehan suara 19.384 , dan terakhir paslon nomor urut 3 Badrun-Ince Rifai dengan perolehan suara 17.823.

Baca: Usai Menang Quick Count Pilkada Bandung Barat, Hengky Kurniawan Berbagi Kabar Duka

Ketua KPU Kota Tarakan, Teguh Dwi Subagyo mengungkapkan, hasil perhitungan melalui Situng merupkaan hasil entry data yang dikumpulkan dari 300 Tempat Pemugutan Suara (TPS). Berarti semua  surat suara dari 300 TPS telah masuk di entry data yang diinput Situng.

“Hari ini kita baru bisa mengetahui hasil akhir perhitungan keseluruhan melalui Situng , karena kemarin itu masih ada 1 TPS yang belum masuk, yakni TPS 28 Karang Anyar. Ada masalah teknis di TPS 28 Karang anyar, ternyata dokumen formulir C dan C 1 itu dimasukan dalam kotak suara, sehingga kita tidak bisa melihat,” ucapnya, Jumat (29/6/2018).

Akibat adanya masalah teknis di TPS 28 Karang Anyar inilah, penyebab hasil perhitungan cepat melalui Situng ada sedikit  keterlambatan dan baru diketahui, Jumat (29/6/2018).  

Pasalnya petugas hasil perhitungan cepat melalui Situng harus menunggu data dari TPS 28 Karang Anyar dan datanya baru masuk, Kamis (28/6/2018) sekitar pukul 17.00 Wita.   

Baca: Jelang Laga Perancis vs Argentina, Skuat Argentina Sebut Punya Sikap Berbeda di Laga 16 Besar

Pria yang akrab disapa Teguh mengatakan, hasil perhitungan cepat melalui Situng dapat dilihat di websiteinfopemilu.kpu.co.id meskipun hasil perhitungan ini sudah ada, namun hasil perhitungan ini bukan hasil yang final. Sebab bisa saja ada kemungkinan terjadi kesalahan di TPS.

“Tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan di TPS. Misalnya saja kesalahan di pengisian data pemilih atau data penguna hak pilih. Kita ada perhitungan cepat melalui situng ini supaya kita langsung mengetahui keterangan dari TPS masing-masing secara terbuka dan transparan,” ujarnya.

Sementara itu, terkait hasil rekapitulasi perolehan suara dari kecamatan, sampai saat yang telah memberikan hasil rekapitulasinya dari Kecamatan Tarakan Timur dan Tarakan Utara. Disusul dua Kecamatan lainnya, yakni Tarakan Barat dan Tarakan Tengah.  

Baca: Pasca Keguguran, Dewi Sanca Mengaku Banyak Dekat dengan Pria

“Insya Allah sore atau malam ini, Kecamatan Tarakan Barat dan Tarakan Tengah. Apabila kita sudah menerima hasil rekapitulasi dari 4 kecamatan, rekapitulasi perolehan suara  ditingkat KPU Kota Tarakan akan kita lakukan 4 Juli mendatang,”ucapnya.

Penulis: Junisah
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved