Pilgub Kaltim 2018

Hasil Hitung Cepat Resmi KPU Kaltim Capai 97,45 Persen, Ini Urutan Pemenangnya

Hingga diakses hari ini, Jumat (29/6/2018), pukul 12.00 WITA, persentase suara masuk telah mencapai 97, 45 persen.

Hasil Hitung Cepat Resmi KPU Kaltim Capai 97,45 Persen, Ini Urutan Pemenangnya
TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Komisioner KPU Kaltim, Ida Farida. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Hitung cepat KPU untuk seluruh provinsi dalam Pelaksanaan Pilkada serentak telah bisa diakses sejak kemarin, Kamis (28/6/2018).

Hingga diakses hari ini, Jumat (29/6/2018), pukul 12.00 WITA, persentase suara masuk telah mencapai 97, 45 persen.

Jumlah 97, 45 persen tersebut adalah berdasarkan formulir scannan C1 (bukan fisik C1) yang telah dikirimkan dari Kecamatan di Kaltim kepada KPU.

Totalnya, sudah terdata sekitar 7101 TPS dari keseluruhan TPS di Kaltim sebanyak 7287.

Komisioner KPU Kaltim, Ida Farida membenarkan adanya hitung cepat dalam website KPU yang Tribun akses tersebut. Ini ia sampaikan saat dikonfirmasi Jumat (29/6/2018).

Baca: Rumah di Jalan KH Mas Mansyur Ringsek Usai Ditabrak Truk dari Belakang

“Iya, jadi itu berdasarkan C1 dari tiap TPS yang di-scan di tiap Kabupaten/ Kota. Jadi, masing-masing Kabupaten/ Kota menginput C1 yang sudah terkumpul. Sesuai jadwal kan untuk rekapan Kecamatan sudah boleh sampai dengan 4 Juli. Nanti tanggal 4 Juli mulai lagi rekap hingga ke Provinsi hingga tanggal 9 Juli,” ucapnya.

Apakah hasil hitung cepat yang diupload dalam website KPU tersebut bisa menjadi indikator hasil rekapitulasi KPU Kaltim pada 9 Juli nanti, juga dibenarkan Ida Farida.

“Oh, iya itu. Kecuali, jika di rekap ada permasalahan. Misal, Bawaslu inginkan ada pemilihan ulang, di beberapa TPS. Maka bisa jadi ada perubahan. Atau ada hal di luar konteks, misalnya ada yang coblos dua kali. Nah, rekap itu dilakukan untuk memperbaiki hal itu, yang bisa menimbulkan perubahan dalam hasil hitung cepat tersebut,” ucapnya.

Meski demikian, Ida menyebut juga bahwa hasil hitung cepat ini bisa dijadikan patokan akan apa yang nanti terpublikasi direkapitulasi hasil suara KPU di Provinsi hingga 9 Juli mendatang.

Baca: Isran-Hadi Klaim Menang di 7 Kabupaten/Kota, Jaang pun Legowo Terima Kekalahan

Halaman
12
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved