Telkom Kembali Gulirkan Dana 1,4 Miliar, UMKM Menjahit Berharap Naik Kelas

Telkom menginginkan UMKM tumbuh bersama Telkom dengan target minimal tumbuh 11 persen.

Telkom Kembali Gulirkan Dana 1,4 Miliar, UMKM Menjahit Berharap Naik Kelas
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
General Manager, (GM) WITEL Samarinda Slamet Riyanto Pardi ST Manager HR & CDC, Didik Hariyanto, Kabid Pemberdayaan Dari Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Samarinda Siti Jauziah menyerahkan map berisi surat Penandatanganan Kerja Sama (PKS). Pada perwakilan pelaku UMKM HJ. Fatmawati dan Rudi Suhartono, di Ruang Always The Best Gedung Plaza Telkom Jalan Awang Long Kota Samarinda Kalimantan Timur, Jumat( 29/6/2018). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Nevrianto HP

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Telkom menggelar Sosialisasi Virtual Account, Pembekalan dan Penyaluran Pinjaman Progam Kemitraan serta  Triwulan II TAHUN 2018, WITEL Samarinda dengan tema Maju Bersama Telkom, dihadiri 41 Mitra Bina di lantai II Ruang Always The Best , Gedung Plaza Telkom Jalan Awang Long Kota Samarinda mulai Pukul 08.30 Wita sampai pukul 11.00 Wita, Jumat (29/6/2018).

MGR HR & CDC, Didik Hariyanto menyampaikan, total pencairan triwulan II tahun 2018 kepada 41 Mitra Binaan, dengan dana bergulir Rp 1.407.000.000.

"Dana ini disampaikan pada mitra industri, jasa dan perdagangan pertanian, peternakan dan perikanan.
Total dana CSR yang telah digulirkan sejak tahun 2002 sampai triwulan II 2018 maka telah mencapai jumlah Rp 58.369.570.000 yang disalurkan kepada 2512 Mitra binaan,"ujarnya.

Baca: Hasil Hitung Cepat Resmi KPU Kaltim Capai 97,45 Persen, Ini Urutan Pemenangnya

GM Witel Samarinda Slamet Riyanto Pardi,ST mengutarakan Telkom menginginkan UMKM tumbuh bersama Telkom dengan target minimal tumbuh 11 persen.

"Maka dengan diselenggarakannya kegiatan hari ini kami mencoba membantu dengan menyalurkan bantuan dana bergulir. Kita ingin maju bersama untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Dan para pelaku UMKM hari ini bisa berkunjung ke Rumah Kreatif BUMN (RKB) lantai 1 Plaza Telkom yang bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran serta tersedia tenaga instruktur yang membimbing usaha UMKM melalui bisnis digital," tuturnya.

Kabid Pemberdayaan dari Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Samarinda Siti Jauziah mengungkapkan, jumlah UMKM dari BPS sangat besar jumlahnya di Samarinda ada 56.352 Usaha Mikro.

Dengan data tersebut maka Dinas Koperasi dan UKM berwenang mengembangkan di usaha Mikro agar dapat berkembang.

Jika sudah tingkat UKM maka dibina Disperindag dan Koperasi tingkat Provinsi.

Baca: Rumah di Jalan KH Mas Mansyur Ringsek Usai Ditabrak Truk dari Belakang

"Tujuan dari pembinaan agar hasil yang diharapkan lebih besar lagi. Dan untuk pelaku usaha Mikro Kecil Menengah yang telah mendapatkan kepercayaan dari PT Telkom Samarinda dana yang sudah diterima dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dengan harapan usahanya semakin berkembang dan dapat naik kelas. Misalnya dari Usaha Mikro (UMKM) bisa berkembang jadi Usaha Mikro (UKM) kami siap membantu konsultasi demi memajukan Usaha UMKM," ujarnya.

Ustad Suwandi yang hadir turut memotivasi melalui ceramah agama mengingatkan imbauan berasal dari sabda Allah ayat Al Quran dan saling tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan jangan tolong menolong dalam keburukan, yakni surat Al Maidah ayat 2.

"Peringatan dan imbauan dari Allah di ayat tersebut substansinya Takwanu Bi riyali wal taqwa. Jika keimanan dan ketaqwaan sejalan dimiliki seseorang muslim maka tidak bakal melakukan hal yang buruk.
Perlu diingat setiap detiknya utang piutang bisa jadi pahala jika niat kita untuk kebaikan bagi Allah SWT. Tapi bisa jadi buruk bila niatnya, buruk melarikan diri menggunakan uang pinjaman tidak sesuai arahnya," imbaunya. (*)

Lilik Nurhamida, pelaku UMKM usaha menjahit seragam sekolah dan pribadi juga menerima pesanan dari perkantoran warga jalan Wahid Hasyim Sempaja.

Membantu pendapatan rumah tangga didukung suami yang bekerja di PLN.

"Saya tahu program Kemitraan Telkom dengan UMKM dari saudara ipar. Saya pinjam Rp 5 juta, 2 tahun bisa mengembalikan pinjaman dan sekarang 2018 saya pinjam 10 juta untuk dikembalikan dalam jangka waktu 2 tahun. Saya bersyukur atas bantuan Telkom bisa membantu usaha saya yang saya mulai di rumah sejak 5 tahun lalu. Semoga usaha saya maupun PT Telkom lancar dalam berusaha sebagaimana harapan dan pengalaman yang saya alami yang telah diberi kemudahan dalam pinjaman dan Alhamdulillah diharapkan juga dapat mendukung usaha saya ke depan supaya bisa naik kelas ," katanya. (*)

Penulis: Nevrianto
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help