Sambut Mahasiswa yang Jalani KKN, Bupati Berau Beri Pesan Ini

Muharram, Senin (2/7/2018) menyambut kedatangan ratusan mahasiswa, dari berbagai universitas untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata

Sambut Mahasiswa yang Jalani KKN, Bupati Berau Beri Pesan Ini
Tribun Kaltim/Geafry Necolsen
Bupati Berau, Muharram menyambut kedatangan ratusan mahasiswa dari berbagai universitas yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Berau 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Berau, Muharram, Senin (2/7/2018) menyambut kedatangan ratusan mahasiswa, dari berbagai universitas untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dalam kesempatan ini, Muharram berpesan, kepada ratusan mahasiswa ini agar memanfaatkan kegiatan ini untuk menggali potensi di masa depan.

Pasalnya, saat ini, tidak sedikit lulusan sarjana yang kesulitan mendapat lapangan kerja. Dinamika di tengah masyarakat, menurut Muharram merupakan realitas yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Kalau tidak memiliki nilai lebih dengan yang lain, bisa jadi kita tidak diperhitungkan. Momentum KKN ini yang menggambarkan realitas kehidupan di tengah masyarakat untuk dicermati berbagai peluang dan dinamika di tengah masyarakat.  Kondisi nyata di tengah masyarakat, sehingga disebut KKN, membandingkan antara teori dengan kenyataan,” tegasnya.

Baca: Server Gangguan, Pendaftaran PPDB Online di SMAN 1 Balikpapan Secara Manual

Menurutnya, dari kegiatan KKN ini, mahasiswa bisa mempelajari potensi apapun yang bisa menjadi peluang di masa depan. “Jangan lagi berfikir untuk menjadi PNS atau karyawan perusahaan, karena tidak semuanya tertampung,” imbuhnya.

Muharram menyontohkan, di daerah perkampungan, masih memiliki lahan yang luas dengan harga yang masih terjangkau jika dibandingkan dengan harga lahan di wilayah perkotaan.

“Bisa jadi nanti melihat lahan di kampung, harga lahan masih murah, bisa untuk ternak sapi, ternak ikan dan sebagainya,” jelasnya.

Saat ini, kata bupati, generasi yang sukses adalah generasi yang berorientasi pada peluang usaha. Wirausaha adalah potensi yang paling luas, karena tidak harus linear dengan predikat pendidikannya.

“Orang yang sukses tergantung dari mindset-nya. Jangan berfikir pesimistis. Banyak peluang, orang sukses atau gagal tergantung dari cara berfikirnya,” katanya lagi.

Baca: Alami Kesulitan saat PPDB Online? Silahkan Lapor ke Posko Pengaduan MKKS

Dalam kesempatan yang sama, Muharram juga meminta, agar para mahasiswa memberikan kesan yang positif untuk masyarakat kampung, dengan menjaga perilaku dan menciptakan budaya yang positif di tengah-tengah masyarakat.

“Di kampung, kalian adalah orang-orang hebat, karena di kampung belum banyak sarjana, persepsi publik terhadap kita, sesuaikan dengan perilaku di tempat kita berada. Jangan sampai tingkah laku kita di kampus, dibawa ke kampung. Yang penting perilaku kita sopan, jangan sampai ada pergaulan bebas, menggunakan narkoba, minuman keras dan lain-lain,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved