Home »

Techno

» News

Airbus Luncurkan BelugaXL, Mirip Ikan Paus Putih sedang Tertawa

Airbus perkenalkan pesawat seri Beluga baru diberi kode BelugaXL, dengan tema dandanan cata mirip paus putih Artik sedang tertawa.

Airbus Luncurkan BelugaXL, Mirip Ikan Paus Putih sedang Tertawa
cnn.com
Beginilah sosok BelugaXL, sebagai seri Beluga terbaru buatan Airbus yang segera beroperasi 2019 mendatang. 

TRIBUNKALTIM--  Airbus membuat desain versi terbaru dari pesawat angkut Beluga. Inilah sosok BelugaXL (Airbus A330-700L) yang diresmikan di Toulouse, Prancis, awal pekan ini yang muncul dadanan cat khusus.

Bentuknya lucu, moncongnya berbentuk kerucut mirip hidung paus, mata biru berkilau dan mulut tersenyum.

Airbus dalam cuitannya meluncurkan dandanan baru jet transporter super dengan  judul, "Whale hello there! Memperkenalkan BelugaXL baru dengan dandanan baru  untuk pertama kalinya"!

Desain paus tersenyum dipilih oleh staf Airbus, dalam sebuah pemungutan suara di mana 20.000 karyawan diberi enam opsi dan diminta untuk memilih favorit mereka. Ternyata 40% suaramemlilih desain ikan paus tersenyum.

Beginilah sosok BelugaXL, sebagai seri Beluga terbaru buatan Airbus yang segera beroperasi 2019 mendatang.
Beginilah sosok BelugaXL, sebagai seri Beluga terbaru buatan Airbus yang segera beroperasi 2019 mendatang. (cnn.com)

Baca: Super Pinter, Siapa Sangka Bocah 6 Tahun Ini Sanggup Terbangkan Pesawat Airbus A380

Baca: Mesin Pesawat Superjumbo Airbus A380 Meledak di Udara, Tim Perancis Bertolak ke Kanada

Baca: Tahun 2017, Maskapai Penerbangan Ini Akan Perbanyak Airbus 320 Neo

Jadi beginilah ujud pesawat A330-200, yang kemudian dikenal sebagai "Beluga", karena kemiripannya dengan pau sputih di  lautan Arktik.

Bagian pesawat-pesawat  inidibuat oleh berbagai perusahaan yang berada di Eropa, kemudian dirakit menjadi pesawat Airbus 'dari lokasi manufaktur di seluruh Eropa ke fasilitas perakitan akhir baik di Toulouse, Hamburg atau Tianjin.

Pesawat asli telah beroperasi sejak tahun 1994, namun Airbus meluncurkan program untuk membangun versi baru dengan modifikasi dan dimensi yang sama pada tahun 2014.

Baca: BREAKING NEWS - Pesawat Airbus Angkut 69 Orang Hilang dari Pantauan Radar, Jatuhkah?

Baca: Asyik, Citilink Segera Buka Tiga Rute Baru di Pulau Ini dan Dilayani Airbus A320

Baca: Wow, Bandara di Perbatasan Ini Bakal Didarati Pesawat Airbus

"Beluga baru hadir dengan peningkatan produksi dan untuk kapasitas tambahan di atas armada lima pesawat ini," kata Stephane Gosselin, kepala Airbus Transport International. Kelebihan dari pesawat baru itu enam meter lebih panjang dan satu meter lebih lebar dari Beluga aslinya.

Awak pembuat pesawat Airbus BelugaXL turut bergembiraatas peluncuran pesawat seri baru yang lebih besar dari pendahulunya.
Awak pembuat pesawat Airbus BelugaXL turut bergembiraatas peluncuran pesawat seri baru yang lebih besar dari pendahulunya. (cnn.com)

"Jadi awalnya akan ada penggunaan armada campuran Beluga dan Beluga lama. Dan kemudian kebutuhan kedua juga untuk mengantisipasi penggantian armada tua."

Sayap Beluga asli sama dengan pesawat A340, sedangkan bagian badannya sama seperti  A350, tetapi tidak cukup besar untuk mengangkut banyak bagian super jumbo A380.

VIDEO- Sosok pesawat angkut komersial Airbus BelugaXL

Namun, BelugaXL berukuran enam meter lebih panjang dan satu meter lebih lebar, memberikan kelonggaran sekitar  30% lebih luas dibanding tipe aslinya, sehingga dapat mengangkat kapasitas enam ton lebih berat daripada model saat ini.

Pesawat ini akan melakukan tes darat sebelum melakukan terbang  pertamanya akhir tahun ini. Ini secara resmi akan memasuki operasional layanan pada 2019.(cnn/com/ps)

Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help