Pilgub Kaltim 2018

Anggap 130 TPS Bermasalah, KPU Balikpapan Persilakan Tim Paslon No 4 Lampirkan Keberatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan merasa telah bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Anggap 130 TPS Bermasalah, KPU Balikpapan Persilakan Tim Paslon No 4 Lampirkan Keberatan
TRIBUN KALTIM/NALENDRO PRIAMBODO
Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Kaltim 2018 tingkat KPUD Balikpapan, resmi ditetapkan Rabu (4/7/2018) usai penandatanganan berita acara pengesahan pleno terbuka, yang berlangsung di Hotel Novotel Balikpapan. Pasangan nomor urut 4, Rusmadi-Safaruddin sejauh ini mendapatkan suara terbanyak di Balikapapan, sebesar 83.491 suara, unggul tipis 1.043 suara dari pasangan no urut 1. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Nalendro Priambodo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan merasa telah bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Oleh karena itu mereka mempersilakan, tim pasangan calon nomor urut 4, Rusmadi-Safaruddin, mengirimkan formulir DB2, ke KPU Kaltim, karena menganggap ada beberapa temuan di beberapa TPS di Balikpapan.

Aduan ini mencuat di rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pilgub Kaltim 2018, di Hotel Novotel, Balikpapan, Rabu (4/7/2018).

Kala itu, Agung dan M Jhon Ismail, dua orang dari tim, koordinator saksi Paslon no 4 mengutarakan beberapa temuan administrasi di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca: 93.000 Lembar Surat Suara Terbuang Sia-sia, Angka Golput Pilgub Kaltim di Paser 45 Persen!

Awalnya, Agung menjelaskan, jajarannya menemukan kejadian khusus di 33 TPS di Balikpapan Utara, tepatnya di TPS 55 dan 40 Kelurahan Graha Indah.

Di lokasi tersebut, dari laporan saksi pihak mereka, terdapat tiga orang yang menggunakan hak pilih, namun tak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Namun menggunakan KTP elektronik, dan formulir C6, lalu mencoblos sebelum jam 12.00, lewat dari ketentuan di atas jam itu.

"Perlu kita sampaikan, biar tak terulang lagi. Karena saksi dan petugas orang situ (sekitar) harusnya mereka mengenal," ujar Agus.

Sementara itu, M Jhon Ismail menambahkan, masih banyak TPS yang menerima surat suara tambahan lebih atau kurang dari 2,5 persen.

Halaman
123
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved