KPU PPU Mulai Buka Pendaftaran Bacaleg, Parpol Wajib Lakukan Ini

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Penajam Paser Utara (PPU) sudah mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif

KPU PPU Mulai Buka Pendaftaran Bacaleg, Parpol Wajib Lakukan Ini
TRIBUN KALTIM / SAMIR
Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Penajam Paser Utara (PPU), Feri Mei Efendi 

TRIBUNKALTIM.CO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Penajam Paser Utara (PPU) sudah mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) 4-17 Juli mendatang.

Sebelum menyerahkan persyaratan ke KPUD, maka setiap partai politik (Parpol) peserta Pemilu wajib menginput masing-masing Bacaleg melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Ketua KPUD PPU, Feri Mei Efendi, Kamis (5/7/2018) menjelaskan, setelah parpol sudah menginput nama-nama bacaleg melalui Silon, maka hard copy harus diserahkan kepada KPUD dan kemudian operator akan mengecek atau list satu persatu persyaratan yang diserahkan.

"Kalau tidak input melalui Silon, maka petugas tidak akan memproses karena parpol wajib input melalui Silon yang telah disiapkan KPU," ujarnya.

Baca: Ombudsman Kaltim Turunkan Timsus, Nilai PPDB Tak Siap

Feri mengatakan, parpol tak perlu khawatir karena bila ada dokumen yang belum lengkap maka masih ada waktu untuk masa perbaikan berkas.

Namun demikian, Feri mengingatkan kepada seluruh parpol peserta pemilu agar dalam menginput dana bacaleg melalui Silon harus lengkap tanpa ada ketinggalan satu pun syarat pendaftaran.

Karena bila salah satu bacaleg tidak lengkap syaratnya, maka seluruh bacaleg lain juga belum bisa diproses meski syarat mereka sudah terpenuhi.

"Misalnya syarat surat keterangan kesehatan tidak dilampirkan, maka kami tidak akan memproses termasuk bacaleg lain dalam satu parpol. Jadi satu orang saja tidak lengkap maka semua akan kena imbas," jelasnya.

Baca: KPU PPU Belum Jadwalkan Pleno Penetapan Paslon Terpilih, Ini Alasannya

Untuk jumlah bacaleg yang diajukan masing-masing parpol kata Feri, disesuaikan dengan jumlah caleg setiap dapil. Ia mencontohkan Dapil Penajam dengan 12 orang caleg, maka setiap parpol maksimal harus mengajukan 12 caleg mereka untuk bersaing di Pileg 2019 mendatang.

Mengenai waktu pendaftaran, pihaknya akan membuka setiap hari mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita. Namun pada 17 Juli mendatang pendaftaran baru akan ditutup pukul 24.00 Wita.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help