Reliu Sah Dianggap ‘Hidup’ Kembali Setelah Dianggap 'Meninggal' 2 Tahun

Reliu dikejutkan saat petugas menginformasikan bahwa dirinya secara hukum dinyatakan telah meninggal dunia.

Reliu Sah Dianggap ‘Hidup’ Kembali Setelah Dianggap 'Meninggal' 2 Tahun
AFP / ADRIAN ARNAUTU
Constantin Reliu (63), pria asal Rumania yang sempat dinyatakan telah meninggal dunia oleh pengadilan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BUCHAREST - Seorang pria di Rumania akhirnya dinyatakan hidup kembali setelah dua tahun dianggap meninggal oleh pengadilan.

Constantin Reliu (63) sempat dinyatakan meninggal oleh pengadilan setelah istrinya, melaporkan kematian Reliu karena tidak mendapat kabar dari suaminya itu yang pergi ke Turki pada tahun 1990-an.

Reliu yang bekerja sebagai tukang masak dideportasi otoritas Turki karena terjaring razia dan kedapatan memiliki dokumen yang telah kedaluwarsa.

Namun saat kembali ke negaranya pada Januari lalu, Reliu dikejutkan saat petugas menginformasikan bahwa dirinya secara hukum dinyatakan telah meninggal dunia.

Dilansir dari AFP, sertifikat kematian Reliu resmi diterbitkan pengadilan pada 2016.
Reliu telah mencoba mengajukan kepada pengadilan untuk membatalkan sertifikat kematiannya pada Maret lalu. Akan tetapi hakim pengadilan di kota Vasului memutuskan menolak permohonan Reliu.

Menurut media lokal, pengadilan menolak klaim Reliu karena dia dianggap terlambat memasukkan permohonan itu.

Menolak untuk hidup dengan status "meninggal", Reliu kembali mengajukan permohonan pembatalan sertifikat kematiannya. Kali ini dia mengajukan permohonan ke pengadilan di kota kelahiraannya, Barlad.

Disampaikan sumber peradilan setempat pada Rabu (4/7/2018), pengadilan telah meloloskan klaim Reliu dan membatalkan sertifikat kematiannya. Kini, Reliu tinggal menunggu hingga berlalunya masa banding atas putusan pengadilan yang akan habis dalam 30 hari.

Selama dinyatakan sebagai orang yang telah "meninggal", Reliu menjadi sangat bergantung dengan kerabat dan tetangganya untuk membuktikan bahwa dia telah hidup. Tanpa adanya bukti resmi, Reliu tidak dapat memperoleh pekerjaan maupun mendapat tunjangan dari negara. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pria Rumania Ini Resmi Kembali "Hidup" setelah Dua Tahun "Meninggal"", https://internasional.kompas.com/read/2018/07/05/18052801/pria-rumania-ini-resmi-kembali-hidup-setelah-dua-tahun-meninggal.

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help