Trump Kirim ‘Rocket Man’ ke Kim

Pria Roket merupakan sindiran yang diberikan Trump kepada Kim pada 2017 lalu menyusul serangkaian uji coba rudal yang dilakukannya.

Trump Kirim ‘Rocket Man’ ke Kim
TodayOnline/Reuters
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berjabat tangan dengan Presiden AS, Donald Trump 

TRIBUNKALTIM.CO, PYONGYANG - Kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo ke Korea Utara (Korut) tidak sekadar membahas proses denuklirisasi.

Diwartakan harian Korea Selatan (Korsel) Chosun Ilbo via Sky News Sabtu (7/7), Pompeo juga membawa CD ke Pemimpin Korut Kim Jong Un. Mengutip dari pejabat anonim di Washington, CD tersebut berisi lagu penyanyi asal Inggris, Elton John, dari Presiden Donald Trump.

Pejabat tersebut berujar, semuanya berawal ketika Trump dan Kim menggelar pertemuan di Hotel Capella, Singapura, pada 12 Juni lalu.

Saat itu, Kim sempat menyebut "Rocket Man" atau Si Pria Roket saat sesi pertemuan tertutup yang hanya dihadiri penerjemah saja.

Pria Roket merupakan sindiran yang diberikan Trump kepada Kim pada 2017 lalu menyusul serangkaian uji coba rudal yang dilakukannya.

Kim mengatakan dia tidak tahu jika sindiran tersebut ternyata merupakan lagu yang dipopulerkan oleh Elton John pada 1972 itu. Sebelum Pompeo berangkat ke Pyongyang, Trump mengingat percakapan mereka di Singapura. Jadi, dia meminta Pompeo membawa CD berisi lagu Rocket Man.

"Presiden Trump juga menuliskan sebuah pesan di dalam CD itu, kemudian menandatanganinya," ujar pejabat anonim tersebut. Pompeo berkunjung ke Korut sejak Jumat (6/7), dan merupakan kunjungan ketiga selama 2018 ini, dan kedua sejak dia menjadi Menlu AS.

Sebelum ke Korut, kepada awak media Pompeo sempat mengatakan dia berharap Korut sudah siap untuk "memenuhi sejumlah detil" komitmen yang dibuat Kim di Singapura.

Adapun Trump sebelum berkunjung Montana menyatakan masih optimis dengan masa depan Korut serta hubungannya engan Kim.

"Saya menjabat tangannya. Saya pikir kami saling mengerti. Saya rasa dia benar-benar melihat ada masa depan berbeda di Korut," kata Trump. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ke Korut, Menlu AS Bawa CD Lagu Elton John ke Kim Jong Un", https://internasional.kompas.com/read/2018/07/07/11582441/ke-korut-menlu-as-bawa-cd-lagu-elton-john-ke-kim-jong-un.

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved