Arbain Rambey Beberkan Kriteria Hasil Foto yang Unggul

Arbain Rambey, salah satu fotografer senior pada Harian Kompas membeberkan bagaimana sebuah foto dapat dikatakan unggul.

Arbain Rambey Beberkan Kriteria Hasil Foto yang Unggul
Instagram @arbainrambey
Arbain Rambey saat berada di Garis Batas Negara RI - Malaysia. 

Laporan wartawan Tribunkaltim, Aditya Rahman Hafidz

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Arbain Rambey, salah satu fotografer senior pada Harian Kompas membeberkan bagaimana sebuah foto dapat dikatakan unggul.

Hal tersebut disampaikan saat bersua dengan Tribunkaltim.co usai acara Silaturahmi Komunitas Kreatif Balikpapan gelaran SKK Migas - Pertamina EP, di Hobbies Cafe and Lounge, jalan Mayor TNI AD Imat Saili (Sungai Ampal), Sabtu (7/7/2018) malam.

"Pertanyaan yang selalui saya dapat adalah bagaimana sih cara memotret yang bagus? Bagus itu tidak pernah ada definisinya. Seperti juga nasi goreng enak, apa definisinya? Orang tidak bisa mengatakan nasi goreng enak itu seperti apa, tapi orang tau nasi goreng itu enak atau tidak. Demikian pula foto," ujarnya.

Baca: Pertamina EP Ajak Puluhan Komunitas di Balikpapan Sharing Industri Kreatif

Pria yang sudah tertarik di bidang fotografi sejak 5 tahun tersebut mengatakan kesalahan orang selama ini adalah kerap mengatakan bahwa foto yang mereka potret tidak bagus.

"Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa disimpulkan, yang pertama adalah foto bagus itu tidak ada definisinya, tetapi bisa dijabarkan. Sesungguhnya foto unggul itu ada tiga definisi, yaitu bagus, indah dan menarik," ungkapnya.

Ia menjelaskan pada definisi pertama, foto bagus adalah foto yang sesuai dengan target pembuatannya.

"Jadi jika itu adalah foto menu, targetnya adalah jika orang lihat, mereka ingin makan. Foto interior, orang yang lihat, ingin masuk. Foto travelling, orang lihat foto itu, ingin kesitu," ujarnya.

Pria lulusan Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung tersebut mengatakan dari target awal tersebut sebuah foto menjadi bagus.

Seorang fotografer harus selalu tahu apa yang akan ia lakukan sebelum turun ke lapangan mengambil gambar.

Baca: Jadwal dan Live Streaming F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Lewis Hamilton Start Terdepan

Halaman
12
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved