Inilah Sederetan Aktivitas adan Asupan yang Mampu Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang bisa berakibat fatal, tapi ada lho cara mencegahnya. Baca ini!

Inilah Sederetan Aktivitas adan Asupan yang Mampu Mencegah Hipertensi
ISTIMEWA
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO.ID-- Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Untuk itu, menjaga tekanan darah tetap normal sangat penting dilakukan. Bila tekanan darah naik, hal pertama mesti dihindari adalah garam, karena ini bisa menyebabkan tingginya tekanan darah.

Mengapa? Beberapa ilmuwan menemukan bahwa garam menyebabkan terbentuknya struktur tertentu di otot-otot pembuluh darah, yang menyebabkan sel otot berkontraksi.

Ini akan menciptakan resistensi di dalam pembuluh dan meningkatkan tekanan darah. Coba kurangi dan ganti garam dengan bumbu dan rempah, rasanya sama enaknya.

Berbagai hal di atas bisa dilakukan ketika tekanan darah sudah naik, namun bagaimana cara mencegah agar kita tidak terkena hipertensi?

Tips mencegah hipertensi
Tips mencegah hipertensi (RSUD Dr Soerdirman)

Baca: Tahun 2015, ISPA dan Hipertensi Masalah Utama Kota Balikpapan

Baca: Cobain Kopi Biji Salak Sleman, Berkhasiat Cegah Diabetes dan Hipertensi

Baca: Penyakit Jantung dan Hipertensi Tertinggi di Hulu Sungai Mahakam

Mulai Olahraga Kebanyakan orang merasa sudah cukup sehat lalu malas bergerak. Ini dia kesalahannya.

Menggerakkan badan itu baik sekali, terutama bagi yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Tentu saja semua dampak postifif olahraga tidak akan terjadi dalam semalam.

Sabar adalah kunci, lebih bagus lagi jika disertai ambisi. Olahraga paling baik dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali per minggu dengan durasi 30 hingga 45 menit.

Aktivitas ini membantu mengurangi kelebihan berat badan, dan para dokter serta ilmuwan setuju bahwa berat berlebih bisa menaikkan tekanan darah dan risikonya berbahaya. 

VIDEO- Aktivitas Olahraga dan Makanan yang Bisa Cegah Hipertensi

Ini bukan main-main, karena tekanan darah tinggi biasanya diikuti beberapa penyakit lain seperti gangguan jantung, risiko terkena serangan jantung, hingga stroke.

Halaman
123
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help