TPA Manggar Bakal Dikelola Swasta, Ini Alasannya

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Manggar Balikpapan, rencananya akan diserahkan pengelolaannya ke pihak swasta.

TPA Manggar Bakal Dikelola Swasta, Ini Alasannya
Tribun Kaltim/Fachmi Rachman
TPA sampah di Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim. 

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan mengungkapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Manggar Balikpapan, rencananya akan diserahkan pengelolaannya ke pihak swasta.

Demikian disampaikan Kepala DLH Kota Balikpapan, Suryanto kepada Tribunkaltim, yang menjelaskan, selama ini pemerintah kota menangani tempat pembuangan akhir sampah Manggar ini.

"Pengelolaan kita selama ini pakai uang daerah, pakai swasta tidak lagi. Bisa kurangi biaya operasional dari anggaran daerah," ungkapnya pada Senin (9/7/2018) pagi.

Baca: Setelah Dukung Jokowi, TGB Buka-bukaan Hubungannya dengan Prabowo Sekarang

Proses pengalihan dari Pemkot Balikpapan ke pihak swasta bertujuan supaya dalam pengelolaan TPA sampah Manggar ini tidak membebani anggaran pendapatan belanja daerah Kota Balikpapan.

"Pemerintah kota menangani tempat pembuangan akhir sampah Manggar. Sejak berdiri sampai sekarang," ujar pria berkacamata ini.

Sekarang ini, untuk mengelola TPA Sampah Manggar memakan biaya sekitar Rp 12 miliar per tahun diambil dari APBD Kota Balikpapan.

Terobosan pengelolaan TPA Manggar Balikpapan ke pihak swasta terinspirasi dari pemerintah Kota Surabaya yang sudah melakukan pengalihan pengelolaan dari pemkot ke pihak swasta sejak lama.

Baca: Prabowo Sebut Bangsa dan Negara Ini Hidupnya dari Hutang

Hasilnya, kata Suryanto, menunjukkan hasil yang maksimal dan memuaskan. TPA Sampah Balikpapan menggunakan terpal sejak dikelola swasta terlihat cepat dan rapi.

"Biasanya swasta itu kreatif. Mengelolanya baik. Mempunyai ahli. Bisa kurangi biaya operasional daerah kita," ungkapnya.

Menurut dia, proses pengalihan ke swasta sejauh ini Pemerintah Kota sedang mencari calon-calon investor yang mau untuk masuk ke bidang pengelolaan TPA sampah Manggar.

Pemerintah kota pastinya akan memilih investor yang diyakini bisa menjalankan secara profesional.

Baca: Fahri Hamzah Khawatir PKS Tak Ada Lagi Tahun 2019

"Kita akan melihat bagaimana perusahaannya. Bagaimana SDM-nya. pengalamab perusahaannya seperti apa," kata Suryanto.

Pengelolaan sampah ke swasta ini sudah Direstui oleh Dirjen Pekerjaan Umum Republik Indonesia, nanti jika ada hal-hal yang kurang dalam infrastruktur dan sarana prasarana akan dibantu oleh pemerintah pusat.

"Balikpapan akan jadi kota percontohan pengalihan TPA sampah ke swasta. Jadi pilot project," tutur Suryanto.

Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help