KSOP: Pengangkutan Penumpang Diluar Manifes Harus Ditindak Tegas

Kondisi saat ini, kata Hanif, ketentuan seputar batas maksimal ini masih sering dilanggar.

KSOP: Pengangkutan Penumpang Diluar Manifes Harus Ditindak Tegas
TRIBUN KALTIM / BUDHI HARTONO
Humas KSOP Kelas II Samarinda Hanif Yudha 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Samarinda segera menindaklanjuti perintah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, untuk meningkatkan pengawasan kapal-kapal yang berlayar dari Pelabuhan Samarinda.

Sesuai arahan Menhub ketika meninjau keberangkatan penumpang dari Pelabuhan Samarinda baru-baru ini, kata Kepala Kantor Syahbandar KSOP Kelas II Samarinda R Totok Mukarto melalui Humas KSOP Kelas II Samarinda, Hanif Yudha di ruangannya, Rabu (11/7/2018), KSOP bersama Kejaksaaan Tinggi (Kejati) Kaltim akan memperketat pengawasan dalam hal keselamatan berlayar.

Namun, KSOP menurutnya tidak akan terlalu jauh mengintervensi hal-hal yang berkaitan dengan perizinan, pembiayaan, serta kerja sama pelabuhan dengan pihak luar.

Yang menjadi fokus KSOP adalah memastikan kapal yang berlayar dari Pelabuhan Samarinda sudah memenuhi ketentuan yang berlalu.

Di antaranya, kapal sudah melalui rem chek dan pengecekan lainnya, perlengkapan alat-alat keselamatan seperti life jacket sudah sesuai ketentuan.

Dan terpenting, seluruh penumpang mengetahui posisi dan tata cara penggunaan life jacket, manakala terjadi hal-hal yang membahayakan dalam pelayaran.

Baca juga:

Lega Evakuasi Lancar, MU Undang Tim Sepak Bola Thailand yang Terjebak di Gua ke Old Trafford

Soal Kelanjutan Operasional RM Tahu Sumedang, UPTD Tahura Tunggu Surat KSDAE

Halaman
12
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help