Revitalisasi Dermaga Kayan II Belum Jelas, Pemkab bulungan akan Sodor Aset ke Pemprov Kaltara?

Dermaga Kayan II Tanjung Selor diharapkan dapat dilengkapi infrastruktur yang baik, nyaman, dan memadai

Revitalisasi Dermaga Kayan II Belum Jelas, Pemkab bulungan akan Sodor Aset ke Pemprov Kaltara?
Tribun Kaltim/M Arfan
Suasana di depan loket penjualan tiket Dermaga Kayan II Tanjung Selor saat musim mudik Idul Fitri 1439 Hijriah atau bulan Juni lalu. 

TRBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Sebagai pintu gerbang Kalimantan Utara, Dermaga Kayan II Tanjung Selor diharapkan dapat dilengkapi infrastruktur yang baik, nyaman, dan memadai bagi semua masyarakat penggunanya.

Dermaga yang terletak di Jalan Sabanar itu setiap harinya sibuk akan pergerakan kedatangan dan keberangkatan penumpang dari dan ke Kota Tarakan. Termasuk pulau Bunyu dan Nunukan.

Kurang lebih dalam sehari terjadi seribuan pergerakan penumpang di dermaga yang langsung berhadapan dengan Sungai Kayan itu.

Baca: Bongkar Muat di Perairan Balikpapan, Juru Mudi Warga Negara Tiongkok Jatuh dari Ketinggian 6 Meter

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bulungan Hasan Pemma menginginkan dermaga itu bisa dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara. Kapasitas keuangan Pemkab Bulungan yang minim, menyebabkan pemeliharaan dermaga itu masih perlu ditingkatkan.

"Setiap tahun kami hanya siapkan Rp 150 juta untuk pemeliharaannya. Itu dana secukupnya kita gunakan," kata Hasan Pemma saat disua Tribun, Rabu (11/7/2018).

Banyak fasilitas-fasilitas dermaga yang harus direhab seperti perluasa ruang tunggu penumpang, perluasan area parkir, termasuk penggantian beberapa komponen penting di sisi darat dan airnya.

"Termasuk juga tiang-tiangnya perku direhab," ujarnya.

Baca: Bertemu Calon Bupati dan Wakil Bupati PPU Terpilih, Yusran Aspar Titip Proyek Ini

Agar bisa dikelola oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara, perlu ada pelimpahan aset dari Pemkab. Hasan mengakui, belum ada pembicaraan khusus soal pelimpahan aset ini.

"Sedangkan perencanaan pengembangannya sudah dibuat oleh Dinas Perhubungan Provinsi. Seharusnya sebelum membuat perencanaan, kita perlu pembicaraan terlebih dulu," ujarnya.

"Tetapi kalau pelimpahan aset itu pembicaraan kepala daerah nantinya (Gubernur dan Bupati Bulungan)," sebutnya.

Ia berharap pembicaraan aset segera dilakukan supaya usaha revitalisasi Dermaga Kayan II bisa segera terlaksana.

Baca: Terinspirasi Kisah Penyelamatan Tim Bola Thailand, Produser dari AS akan Bikin Filmnya

"Karena dermaga itu kan pintu gerbang masuk ke Kalimantan Utara dan masuk ke ibukota Kalimantan Utara. Mengapa tidak harus kita perbaiki? Dan, kalau kami, rasanya tidak bisa karena kondisi keuangan yang relatif kecil," katanya.

Catatan Tribun, tahun lalu Dinas Perhubungan Kalimantan Utara menganggarkan dana sedikitnya Rp 780 juta untuk penyusunan rencana induk dan rencana detil Dermaga Kayan II Tanjung Selor.

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved