Kapasitas PLTS Muara Enggelam Ditambah, Warga Bisa Gunakan Mesin Cuci dan Kulkas

Camat Muara Wis Arianto mengatakan, peningkatan daya listrik di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, bakal dilaksanakan tahun ini.

Kapasitas PLTS Muara Enggelam Ditambah, Warga Bisa Gunakan Mesin Cuci dan Kulkas
Tribun Kaltim/Rahmad Taufik
PLTS di Desa Muara Enggelam ini didukung 114 unit baterai dengan berat satu baterai 85 kg yang siap menyalurkan listrik ke 169 rumah warga. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Camat Muara Wis Arianto mengatakan, peningkatan daya listrik di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kukar, bakal dilaksanakan tahun ini.

Selama ini warga Muara Enggelam berharap, kapasitas listrik yang memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal ini bisa ditingkatkan agar mereka bisa menggunakan mesin cuci dan kulkas.

"Tahun ini peningkatan daya listrik dari PLTS komunal di Muara Enggelam bisa diwujudkan," kata Arianto, Kamis (12/7).

Ia mengatakan, peningkatan kapasitas listrik ini menggunakan anggaran laba dari BUMDes dan bantuan dari Dana Desa. Sekedar diketahui, pendapatan BUMDes Muara Enggelam mencapai Rp 692 juta dalam 4 tahun terakhir, salah satunya dari pengelolaan PLTS komunal. Selama ini warga mendapatkan suplai listrik sebesar 260 watt/rumah.

Baca: Kabar Gembira, Ketua RT di Bontang Terima Gaji Rp 1 Juta per Bulan

Warga belum bisa menikmati listrik selama 24 jam, mengingat kapasitasnya yang terbatas. Sehingga mereka mengusulkan untuk meningkatkan kapasitas daya listrik yang ada sekarang menjadi 900 watt/rumah. Sejauh ini, warga belum bisa optimal menyalakan kulkas, mesin cuci hingga televisi karena kapasitas daya listrik terbatas.

Warga Muara Enggelam ingin kapasitas daya listrik dari PLTS ditingkatkan hingga 900 watt/rumah. "Warga tak bisa menikmati siaran televisi pada siang sampai malam. Kalau siang dinyalakan, maka malam hari televisi mesti dimatikan. Bahkan penggunaan lampu dan televisi tidak bisa dinyalakan bersamaan," ujar Arianto.

Usulan peningkatan kapasitas daya listrik ini sudah disampaikan dalam Musrembang Desa, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten.

Baca: PPDB Masih Ditemui Kendala, Hetifah Sebut Sistem Zonasi Perlu Perbaikan

Sebelumnya, Kepala ESDM Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan kapasitas PLTS komunal di Muara Enggelam mencapai 30 kwp. Menurutnya, kapasitas PLTS ini sangat memungkinkan untuk ditingkatkan.

"Tinggal menambah panel dan baterai kalau mau meningkatkan kapasitas daya listriknya," ujar Slamet. Ia mengemukakan, saat ini Pemkab belum bisa membantu dalam memenuhi keinginan warga untuk peningkatan kapasitas listrik karena kondisi keuangan daerah yang defisit. Sementara itu daerah lain masih banyak yang mengalami krisis listrik.

"Warga Muara Enggelam bisa mengalokasikan dana untuk peningkatkan kapasitas lewat BUMDes yang selama ini mengelola PLTS. Sedangkan dana yang ada bisa dialokasikan ke daerah lain yang masih krisis listrik," ucapnya. (*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help