Sektor Pariwisata Berau Sumbang PAD Rp 19,9 Miliar

Program ini bertujuan untuk menguatkan sektor selain pertambagan batu bara dan perkebunan sawit yang selama ini mendominasi.

Sektor Pariwisata Berau Sumbang PAD Rp 19,9 Miliar
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Kepala Dinas Pariwisata Berau, Mappasikra Mappaseleng (kiri) mengatakan, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), bisa dimaksimalkan setelah Raperda Pariwisata disahkan sebagai payung hukum bagi Pemkab Berau untuk memungut pajak dan retribusi dari sektor ini. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Geafry Necolsen

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Sejak 2016, Pemkab Berau menjalankan sejumlah program gebrakan pariwisata.

Program ini bertujuan untuk menguatkan sektor selain pertambagan batu bara dan perkebunan sawit yang selama ini mendominasi.

Berbagai upaya dilakukan, seperti meningkatkan sara dan prasarana pariwisata, mengikuti berbagai pameran pariwisata tingkat nasional dan internasional, dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata, sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Program ini secara perlahan terbukti berhasil, indikasinya adalah peningkatan PAD dari sektor pariwisata.

Berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Berau, target PAD dari sektor pariwisata mencapai Rp 19,9 miliar dari target Rp 17,7 miliar di tahun 2017.

Baca: Lebaran Sudah Lewat Tapi Tiket Surabaya-Balikpapan Masih Mahal, Tembus Rp 3 Juta!

Jumlah ini lebih meningkat dari PAD  tahun 2016  yang tagetnya hanya Rp 16 miliar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Mappasikra Mappaseleng mengatakan, sektor  pajak hotel, restoran dan tempat hiburan menjadi penyumbang PAD tersbesar sektor pariwisata.

“Memang saat ini angka kontribusi  pariwisata terbesar dari  sektor perhotelan dan restoran,” ungkapnya, Kamis (12/7/2018).

Mappasikra mengatakan, potensi PAD dari sektor pariwisata bisa meningkat siginifikan, jika Pemkab Berau mulai memungut retribusi dari seluruh objek wisata di Kabupaten Berau, mengingat setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini juga mengalami peningkatan.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved