Usia 2 Bulan, Balita Asal PPU Ini Alami Gizi Buruk

Berat badannya sekarang hanya 2,4 kg. Padahal saat dilahirkan dua bulan lalu, Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam memiliki berat 2,9 kg.

Usia 2 Bulan, Balita Asal PPU Ini Alami Gizi Buruk
Tribun Kaltim/Samir
Balita asal PPU alami gizi buruk dan saat ini sedang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung 

TRIBUNKALTIM.CO - Nasib memprihatinkan dialami Afrizan yang baru berusia dua bulan. Ia mengalami gizi buruk dan saat ini sedang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung.

Berat badannya sekarang  hanya 2,4 kg. Padahal saat dilahirkan dua bulan lalu, warga Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam memiliki berat 2,9 kg.

Ditemui di ruang perawatan Lili RSUD Ratu Aji Putri Botung, Selasa (24/7/2018), ibu kandung Afrizan, Ani (48) mengaku saat anaknya dilahirkan baik-baik saja dan lahir secara normal. Namun pada bulan pertama hanya naik 1 ons menajdi 3 kg, namun sebulan kemudian malah turun menjadi 2,4 kg.

Baca: Cegah Penipuan Umrah, Kemenag Sarankan Unduh Aplikasi Umrah Cerdas

Ani mengaku selama ini memang hanya memberikan ASI tanpa makanan tambahan. Ia mengaku jangankan memberikan makanan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari saja sangat susah.

"Kadang sehari hanya makan sekali saja, " ujar ibu dari 9 orang anak ini.

Ia menjelaskan setelah anaknya masuk rumah sakit sudah diminta dokter untuk dirujuk ke rumah sakit Balikpapan namun hal tersebut ditolak dengan alasan tak memiliki biaya selama berada di Balikpapan.

"Biarkan saja kami rawat di sini karena kalau mau di bawa ke Balikpapan kan butuh uang juga di Balikpapan, " ujarnya.

Baca: Sedang Banyak Diminati, Seberapa Efektif Diet Keto? Berikut Hasil Risetnya

Sementara itu, Majuding ayahnya mengatakan sudah berusaha untuk menyembuhkan anaknya. Namun karena keterbatasan ekonomi sehingga belum memutuskan untuk dirujuk ke rumah sakit di Balikpapan.

Kasi Kesejahteraan Sosial, Kelurahan Sungai Parit, Siti Aisyah mengatakan, sejak kemarin pihaknya sudah membujuk kedua orangtuanya agar ingin anaknya dirujuk ke rumah sakit Balikpapan.

"Alasannya tidak ada biaya selama di Balikpapan. Tapi kalau untuk biaya perawatan gratis karena sudah diuruskan BPJS, " katanya. 

Baca: Wilayah Berau Masih Berpotensi Diguyur Hujan, Ini Penyebabnya

Ia mengatakn sesuai informasi dari bidan kelurahan bahwa anak umur 2 bulan berat badan ideal 4-6 kg.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan PPU. Ammas Ali mengaku samlai sekarang belum mengetahui adanya anak gizi buruk asal Sungai Parit karen belum menerima laporan dri puskesmas.

Karena menurutnya anak yang terkena gizi buruk akan didata puskesmas kemudian dilaporkan kepada Dinkes.

"Kalau laporan sudah kami terima nanti kami bantuk makanan tambahan. Kemerin juga ada anak dari Pantai Lango tapi sudah keluar dari rumah sakit dan berat badannya mulai kembali normal, " ujarnya

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved