IDAI Kaltim Selenggarakan Seminar dan Imunisasi Measles Rubella (MR) untuk Kalangan Medis

IDAI Kaltim menyelenggarakan seminar dan pelatihan tentang imunisasi Measles Rubella (MR), untuk kalangan tenaga medis dan kesehatan.

IDAI Kaltim Selenggarakan Seminar dan Imunisasi Measles Rubella (MR) untuk Kalangan Medis
TRIBUN KALTIM/NIKO RURU
Kepala Dinas Kesehatan Kaltara Suryanata, meninjau Posko Tanggap Darurat Wabah Campak Kecamatan Siemanggaris, Kabupaten Nunukan, Selasa (10/3). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN-- Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Kalimantan Timur bekerja sama dengan Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), Kementerian Kesehatan dan WHO akan mengadakan seminar dan pelatihan tentang imunisasi Measles Rubella (MR), Minggu (29/7), untuk tenaga kesehatan diantaranya dokter anak, dokter umum, bidan dan perawat.

Imunisasi telah menurunkan angka kematian bahkan mengeliminasi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) di dunia, demikian dr Sukarini, SP.A menjelaskan dalam surat undangan seminar.

Contoh penyakit yang dapat diantisipasi sejak dini dengan vaksin MR adalah campak, rubella dan congenital rubella syndrome (CRS). Kampanye Measles Rubella (MR) telah diadakan di Pulau Jawa pada Agustus - September 2017.

Melanjutkan kesuksesan kampanye tersebut, IDAI sebagai organisasi profesi kesehatan anak akan melaksanakan persiapan kampanye MR di luar Pulau Jawa.

Penyakit rubella atau campak pada anak
Penyakit  campak pada anak (net)

Dia menambahkan kegiatan ini merupakan kerjasama antara IDAI, WHO, dan Kementerian Kesehatan RI guna mengeliminasi campak, rubella, CRS pada 2030.

Demi tercapainya tujuan tersebut, PP IDAI akan menyelenggarakan Kampanye MR untuk provinsi Kalimantan Timur yang akan diselenggarakan di Balikpapan dan dihadiri oleh dokter anak seluruh Kalimantan Timur, Perwakilan IDI, PPNI dan IBI se-Kalimantan Timur dan akan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

Acara Seminar

Hari/tanggal          : Minggu, 29 Juli 2018
Waktu                      : Pukul 08.00 - 16.00 WITA
Tempat                    : Hotel Horison Sagita Balikpapan

Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin.

Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau infeksi pada mata (konjungtivitis) akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi infeksi paru (pneumonia), diare, infeksi otak (meningitis) dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Halaman
123
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved