Sasar 103.312 Anak Usia 9 Bulan-15 Tahun, Dinkes Canangkan Imunisasi Massal Measles Rubella

Hanya saja, bila terkena pada ibu hamil, bisa berakibat abortus di trimester pertama kehamilan atau cacat pada bayi yang dilahirkan.

Sasar 103.312 Anak Usia 9 Bulan-15 Tahun, Dinkes Canangkan Imunisasi Massal Measles Rubella
TRIBUN KALTIM / MARGARET SARITA
Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur mencanangkan kampanye Measles Rubella (MR) dengan imunisasi MR massal di seluruh Kecamatan Kutai Timur, mulai hari ini, Rabu (1/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur mencanangkan kampanye Measles Rubella (MR) dengan imunisasi MR massal di seluruh Kecamatan Kutai Timur, mulai hari ini, Rabu (1/8/2018).

Pencanangan dilakukan Wakil Bupati Kasmidi Bulang didampingi Kadis Kesehatan, dr Bahrani, Wakil Ketua TP PKK Kutim, Tirah Satriani dan beberapa pejabat Pemkab Kutim lainnya di halaman SMPN 1 Sangatta Utara.

Pencanangan juga ditandai dengan penyuntikan vaksin MR pada lima pelajar SMPN 1 Sangatta Utara oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kutim. 

“Pencanangan imunisasi massal MR untuk mencegah penularan penyakit rubella atau campak Jerman pada anak-anak. Antisipasi ini harus kita galakkan, karena tak hanya menekan angka penularan, tapi juga menekan angka abortus dan angka bayi yang lahir dengan kondisi cacat,” kata Kasmidi Bulang.

Kasmidi pun mengajak seluruh orang tua agar membawa anak-anak mereka yang usianya disarankan untuk mendapatkan imunisasi MR. Baik di Posyandu, Puskesmas kecamatan, pos pelayanan kesehatan atau di Puskesmas Pembantu yang ada di desa mereka.

“Tak perlu khawatir. Imunisasi massal MR gratis. Masyarakat cukup membawa anaknya ke tempat -tempat pelayanan kesehatan di seluruh kecamatan se Kutim,” ujar Kasmidi.

Rubella, kata Ketua Panitia Pencanangan Imunisasi Massal MR, dr Yuwana, tidak tampak pada orang dewasa. Bahkan gejalanya pun tidak ada.

Baca juga:

Pemain Persiba Ini Lelang Kostumnya untuk Disumbangkan pada Dicha, Bocah Penderita Hemofilia

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help