Ibadah Haji 2018

Dua Jemaah Asal Kukar Dilaporkan Dirawat di Tanah Suci

Jumlah 2 jemaah calon haji yang batal tersebut berasal dari Palu, Sulawesi Tenggara.

Dua Jemaah Asal Kukar Dilaporkan Dirawat di Tanah Suci
TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Jemaah haji saat berada di Asrama Haji Balikpapan beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Anjas Pratama 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kaltim, Abdul Khalik, pastikan seluruh visa untuk jemaah calon haji asal Kaltim telah selesai diurus dan diterima fisiknya, Selasa (7/8/2018). 

"Sekarang tinggal 4 kloter lagi yang akan berangkat. Hari ini sudah masuk asrama untuk jemaah calon haji kloter 9. Nanti malam rencananya diberangkatkan. Visa jemaah calon haji sudah selesai sampai kloter terakhir. Semua visa dan paspor sudah kami ambil semua. Hanya tinggal visa dan paspor untuk jemaah calon haji asal Samarinda yang masuk sebagai jemaah pengganti karena ada dua jemaah calon haji yang batal berangkat," ucapnya. 

Jumlah 2 jemaah calon haji yang batal tersebut berasal dari Palu, Sulawesi Tenggara. 

Baca: Berada di Pertemuan 3 Lempeng Utama Dunia, Seberapa Besar Potensi Bencana Gempa di Indonesia?

"Yang batal itu jemaah calon haji asal Palu. Ada dua orang. Ini yang kami ganti dengan dua jemaah calon haji asal Samarinda. Sementara untuk Kaltim, sementara ini tak ada satu jemaah pun yang batal berangkat asal Kaltim. 

Sementara itu terkait kondisi jemaah yang telah berangkat dan tiba di Tanah Suci, tak ada pula jemaah calon haji yang dilaporkan telah tutup usia.

Yang ada, hanyalah jemaah calon haji yang terlaporkan sakit dan dirawat di Tanah Suci.

Baca: Luna Maya Unggah Foto Sang Ibu yang Berulang Tahun, Begini Komentar Artika Sari Devi

"Sementara ada jemaah dari Kaltim yang masih dirawat. Ada dua orang, asal Kukar. Saat ini sedang dirawat. Diagnosanya karena faktor usia lanjut,sudah 60 tahun dan juga kelelahan. Insya Allah, 2 jemaah yang sakit ini masih tetap bisa lanjutkan ibadah haji mereka," kata Abdul Khalik.

Dari 4 kloter sisa yang akan berangkat, jumlah total jemaah yang masih akan berangkat dari bandara SAMS Balikpapan mencapai sekitar 800 jemaah calon haji.

Rinciannya kloter 9 sebanyak 250 jemaah, kloter 10 sebanyak 450 jemaah, kloter 11 sebanyak 32 jemaah dan terakhir kloter 13 sebanyak 63 jemaah. 

Baca: 6 Hal untuk Kurangi Sampah Makanan, Bisa Hemat Pengeluaran juga Loh. . .

"Untuk kloter 9 itu asal jemaah Samarinda dan Berau serta Sulut, kemudian kloter 10 untuk jemaah asal Samarinda, Balikpapan, Paser dan PPU, kloter 11 untuk jemaah asal Kukar dan Kaltara serta kloter 13 untuk jemaah Samarinda dan Kukar. Kalau kloter 12 itu untuk jemaah asal Sulawesi Utara," katanya. 

Adapun untuk jadwal kepulangan jemaah calon haji akan dilakukan pada 7 hingga 25 September mendatang.

"Jemaah calon haji yang pertama kali pulang nanti ada di 7 September untuk 450 orang jemaah asal Balikpapan. Sementara jadwal terakhir tiba pada 25 September untuk jemaah asal Samarinda dan Kukar. Kita doakan semua baik-baik saja hingga jadwal pulang nanti dan bisa kembali ke Tanah Air," kata Abdul Khalik. (*)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved