Lewat Ventilasi, Pria Asal Kutim Ini Curi Kunci Motor dan Ponsel

Jajaran Opsnal Satreskrim Polres Kutai Timut kembali mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor, akhir pekan kemarin.

Lewat Ventilasi, Pria Asal Kutim Ini Curi Kunci Motor dan Ponsel
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi - pencurian rumah kosong 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Jajaran Opsnal Satreskrim Polres Kutai Timut kembali mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor, akhir pekan kemarin.

Motor merek Honda Beat yang dilaporkan hilang dari kawasan Jalan Murung Raya, Kecamatan Sangatta Utara, akhirnya ditemukan. Motor tersebut ditemukan di Jalan Kenyamukan Gang Cemara, Kecamatan Sangatta Utara.

Dari pengungkapan tersebut, Zainul Amin alias Angga (19), warga Km 1 Gunung Karet Kecamatan Sangatta Selatan, diamankan pihak kepolisian. Ia diamankan bersama satu unit motor hasil curian dan satu lembar STNK kendaraan tersebut.

Baca: Inflasi Balikpapan di Bulan Agustus 2018 Turun, Ini Penyebabnya

Kapolres Kutai Timur AKBP Teddy Ristiawan melalui Kasatreskrim AKP Yuliansyah mengatakan pengungkapan kasus curanmor tersebut, bermula dari kecurigaan aparat saat tersangka mengurus tilang di Satlantas Polres Kutim.

"Sesaat setelah mendapat laporan tentang peristiwa pencurian, kami langsung membentuk tim untuk penyelidikan di lapangan. Saat melihat tersangka di kantor Satlantas Polres Kutim, untuk mengurus tilang, kami mulai curiga," kata Yuliansyah, Senin (10/9/2018).

Kecuriaan pun dilanjutkan dengan penggeledahan terhadap tersangka. Saat membuka dompet milik tersangka, polisi menemukan selembar STNk motor beat street warna putih Nopol KT-2492-RBN. Selain itu, di HP tersangka juga ditemukan foto kendaraan roda dua tersebut.

"Kami mintai keterangan terkait STNK dan foto kendaraan tersebut. Tersangka akhirnya mengaku kalau ia yang mencuri motor di Jalan Murung Raya," ujar Yuliansyah.

Baca: Inflasi Balikpapan di Bulan Agustus 2018 Turun, Ini Penyebabnya

Motor hasil curian tersebut, kata Yuliansyah, disimpan tersangka di Jalan Kenyamukan Gang Cemara.

"Setelah mendapat keterangan dari tersangka, kami memintanya untuk menunjukkan tempat dimana ia menyembunyikam motor curiannya tersebut," ungkap Yuliansyah.

Pada penyidik, tersangka mengaku nekat mencuri motor karena ingin memiliki motor. Ia masuk ke rumah korban, melalui ventilasi pintu belakang rumah, saat korban sedang tidur.

"Pelaku mengambil HP dan kunci motor serta STNK yang terletak di meja dalam rumah korban. Kemudian keluar lagi melalui pintu belakang dan membawa kabur motor korban yang diparkir di sebelah rumah" kata Yuliansyah.

Baca: 11 September Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Berikut Jadwal Dua Puasa Muharram dan Niatnya

Usai menemukan motor hasil curian, tersangka beserta barang bukti dibawa ke Makopolres Kutim untuk pemeriksaan intensif. Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian. Dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.(*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help