Info CPNS 2018

Nunukan Terima 150 CPNS Bidang Pendidikan, 87 Bidang Kesehatan, Tak Ada Formasi K-II

Pemerintah Kabupaten Nunukan memastikan tidak ada formasi K-II dalam penerimaan CPNS 2018 untuk diseleksi menjadi CPNS.

Nunukan Terima 150 CPNS Bidang Pendidikan, 87 Bidang Kesehatan, Tak Ada Formasi K-II
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Sabri, Kepala BKPSDM Kabupaten Nunukan 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Pemerintah Kabupaten Nunukan memastikan tidak ada formasi K-II dalam penerimaan CPNS 2018 untuk diseleksi menjadi CPNS tenaga guru dan dan tenaga kesehatan di daerahnya.

Kepastian itu didapatkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nunukan, Sabri pasca melihat kuota CPNS yang diberikan Kemenpan RB kepada Pemkab Nunukan.

"Iya, kami tidak dapat K-II. Dan rata-rata banyak yang sudah berusia di atas 35 tahun lebih. Sementara syarat mendaftar CPNS adalah 35 tahun," tuturnya kepada Tribunkaltim.co, Minggu (16/9/2018).

Sabri menjelaskan, regulasi penentuan jenis formasi beserta syarat lainnya itu adalah regulasi dari Kemenpan RB yang secara nasional berlaku.

Hasil Liga Italia, Napoli Naik ke Posisi Dua Tempel Juventus

"Itu bukan kita yang menentukan. Ketentuannya sudah begitu dari pusat dan kita ikuti," sebutnya.

Namun dalam penerimaan CPNS dalam waktu dekat ini, Pemkab Nunukan rencananya akan memberlakukan syarat tambahan bagi pelamar.

Salah satunya adalah syarat domisili. Pemkab Nunukan akan mendahulukan pelamar-pelamar lokal untuk mengisi formasi-formasi yang dicari.

"Iya, rencananya seperti itu. Kita akan rapatkan dulu karena kita baru terima formasi. Sekarang kan formasi by address. Misalkan di salah satu SD di Krayan, kita lihat kebutuhannya supaya kita bisa mengakomodir orang-orang di situ," ujarnya.

Najwa Shihab Unggah Video Sel Asli dan Palsu Setya Novanto, Lihat Perbedaannya!

Kebijakan itu lanjutnya diambil untuk meminimalisir kendala-kendala yang sering dialami Pemkab Nunukan. Umumnya, banyak PNS yang tidak betah ditempatkan di daerah-daerah pelosok.

"Banyak yang tidak betah walau sudah diikat pernyataan 10 tahun. Kalau sudah tidak nyaman. Orang dari luar daerah setempat biasanya betah cuma 2 tahun, atau mereka memilik mundur. Yang kasihan kan anak-anak, tidak ada yang mengajari di sekolah," sebutnya.

BKPSDM Nunukan juga belum memastikan kuota formasi cumlaude dan penyandang disabilitas. Sabri mengatakan, hal ini akan disesuaikan dengan total formasi yang diberikan.

Promo Mitsubishi Xpander, Cek Varian dan Harga Terkini! Spesial Cuma di Bulan September

"Kalau disabilitas kan 1 persen dari totap formasi. Cumlaude, maksimal 5 persen," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkab Nunukan mendapatkan alokasi formasi CPNS tahun 2018 sebanyak 237 formasi. Dengan rincian Bidang pendidikan 150 formasi dan Bidang Kesehatan 87 formasi. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help