Kaltim Punya Destinasi Menarik, Siap Gantikan Pantai-Pantai di Bali dan Lombok

Pariwisata merupakan masa depan Indonesia, dan menjadi pilihan strategis dalam menopang perekonomian di masa depan.

Kaltim Punya Destinasi Menarik, Siap Gantikan Pantai-Pantai di Bali dan Lombok
IST
Wakil Ketua Komisi X DPR RI berbicara tentang wisata di depan pesera Bimtek Kepariwisataan yang digelar Dinas Pariwisata Kukar. 

TRIBUNKALTIM.CO, KUTAI KARTANEGARA - Pariwisata merupakan masa depan Indonesia, dan menjadi pilihan strategis dalam menopang perekonomian di masa depan. Pada tahun 2017, sektor pariwisata telah menyumbang devisa sebesar 202,1 triliun. Jumlah ini terus meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 177,2 triliun.

Senin (17/9) pagi, Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan Bimbingan teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata Indonesia untuk Pasar Eropa, kepada tak kurang dari 60 orang pelaku pariwisata Kukar.

Hadir Ketua DPRD Kukar Solahuddin, Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni, Kepala Sub Direktorat Eropa III Kemenpar Tri Wahyuni , dan sebagai keynote speaker hadir Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI.

Baca: BREAKING NEWS - Dua Rumah Ambruk Akibat Angin Kencang, Tangan Mariyati Tertimpa Balok

Solahuddin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kegiatan ini dan secara khusus kepada Hetifah yang telah membukakan jaringan-jaringan dari pemerintah pusat ke daerah (Kukar).

"Ibu Hetifah ini Anggota DPR RI yang mau turun ke daerah, untuk melihat langsung kondisi daerah," terang Ketua Banggar DPRD Kukar ini.

Kegiatan seperti ini akan memberikan pengaruh yang luar biasa, dan bahkan menjadi energi baru bagi kita. "Ini akan menjadi momentum untuk pariwisata menjadi unggulan," lanjut Solahuddin.

Titik Wahyuni, Kasubdit Pemasaran Eropa III Kemenpar, menyampaikan sinkronisasi berarti menyelaraskan antara kebijakan pemerintah pusat dan daerah, yang artinya harus ada sinergi.

Baca: Pelaku Pembunuhan Pasutri di Balikpapan Ditangkap, Sembunyi di Desa Karya Jaya

Semangat pariwisata ada tiga yaitu: solid, speed, dan smart. Bagaimana mengolah, mengemas, dan mendeviasi produk pariwisata.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni mengatakan, Kukar mempunyai daya tarik tersendiri. Data sampai dengan 2017 menunjukkan bahwa wisata mancanegara terbanyak yang berkunjung ke Kaltim adalah Singapura, Australia, Malaysia. Namun terkendala beberapa hal seperti transportasi.

"Perlu aktivasi Bandara Balikpapan ke mancanegara di banyak tujuan, karena ini bandara internasional. Kebanyakan wisman masuk dari Bali. Dari Bali pun maskapai Citilink tidak setiap hari," keluhnya.

Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help