Pemprov Kaltim Buka 328 Formas CPNS, Meiliana : 80 Persen Pegawai Lokal

Kabar gembira bagi pencari kerja, khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Kaltim dan Kabupaten/Kota di Kaltim.

Pemprov Kaltim Buka 328 Formas CPNS, Meiliana : 80 Persen Pegawai Lokal
TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Pj Sekprov Kaltim, Meiliana 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kabar gembira bagi pencari kerja, khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Kaltim dan Kabupaten/Kota di Kaltim. Tahun ini, pemerintah pusat kembali membuka seleksi CPNS untuk kuota nasional mulai 19 September 2018.

Nina Dewi, Sekretaris BKD Kaltim mengatakan, informasi formasi CPNS telah menyebar di media sosial tersebut, namun resminya belum.

"Resminya kan belum kami umumkan. Saat ini kami masih membuat laporan ke Gubernur Kaltim. Untuk pengumuman lengkapnya nanti melalui situs sscn," jelas Nina Dewi, Minggu (16/9).

Baca: Begini Tanggapan Jokowi soal Aksi Demo Mahasiswa yang Mengkritik Kinerja Pemerintahannya

Terkait besaran formasi untuk 9 kabupaten/kKota di Kaltim, Nina menjawab hal itu adalah telaahan "Itu telaahan. Kami belum ada publish secara resmi. Itu laporan secara umun, tetapi tetap pengumuman resminya melalui sscn. Kapan mulai resminya, kapan seleksinya. Semua akan ada di sscn. Pengaksesan di sscn, bisa dilakukan saat (laporan umum) telah ditandatangani Gubernur," ucapnya.

Pelaksanaan tes sendiri akan dilakukan di masing-masing kabupaten/kota. Seperti diketahui, pemerintah pusat telah membuka formasi CPNS seluruh kabupaten/kota di Kaltim, kecuali Kutai Kartanegara.

"Ya di kabupaten/kota. Semua menggunakan komputer. Petugasnya nanti melibatkan panitia BKN pusat dan daerah, seperti yang kami lakukan pada 2014 lalu, " kata Nina.

Baca: Kecewa dengan Putusan PTUN terkait Pilkada PPU, Kubu Ahli Siap Ajukan PK

Pelaksanaan tes sendiri, ikut dibenarkan Nina akan melalui tiga tahapan, yakni seleksi administrasi, seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Waktu pelaksanaan beserta lokasi akan disampaikan melalui situs sscn.bkn.go.id.

Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara nasional yang dimulai per 19 September ikut dikomentari Penjabat Sekretaris Pemprov Kaltim, Meiliana, Minggu (16/9). Disebutnya, adanya formasi CPNS secara nasional ini diharapkan bisa menyerap sekitar 80 persen pegawai honor yang ada di Kaltim.

"Kan ini seleksi nasional. Kami harap pemerintah pusat bisa perhatikan orang daerah lokal (Kaltim). Jangan sampai justru lebih banyak CPNS luar daerah Kaltim yang terserap," kata Meiliana, Minggu (16/9).

Jadi, walaupun tes secara nasional, pegawai-pegawai daerah harus diperioritaskan. Dia berharap bisa sampai 80 persen. Persentase lokal daerah ini, diharapkan bisa sepadan.

Baca: Guru Tidak Tetap Diupah Rp 100 Ribu per Bulan, Murid SD Ramai-ramai Sumbangkan Uang Jajannya

"Jangan sampai 80 luar daerah, 20 lokal. Tetapi, 80 dari lokal dan 20 persen dari luar. Paling tidak, pegawai daerah bisa menikmati bagaimana jadi PNS di daerah," ujarnya.

Secara kemampuan, pegawai honorer di Kaltim juga tak kalah jauh dibandingkan dengan honorer dari daerah lain. (*)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help