Advertorial

BPJS Kesehatan Gandeng Bhayangkari Gencarkan Pemeriksaan Kanker Sejak Dini

pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan deteksi dini kanker payudara bagi (Sadanis) seluruh anggota Bhayangkari

BPJS Kesehatan Gandeng Bhayangkari Gencarkan Pemeriksaan Kanker Sejak Dini
HO - BPJS Kesehatan

BALIKPAPAN - Program promotif dan preventif dalam Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak hanya digaungkan BPJS Kesehatan.

Program tersebut ternyata digaungkan pula oleh Bhayangkari, yang merupakan Organisasi Persatuan Istri Polisi Republik Indonesia.

Hal ini terlihat dari kegiatan peringatan HUT ke-66 Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari yang diisi dengan pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan deteksi dini kanker payudara bagi (Sadanis) seluruh anggota Bhayangkari wilayah Kalimantan Timur yang bekerja sama BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Selasa (18/9/2018).

Baca: BPJS Kesehatan Sosialisasikan Mobile JKN kepada Karyawan Bank

Baca: Layanan JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, Nyaman dengan Persalinan Sakinah

“Kegiatan ini dilakukan 2 kali dalam setahun, di dalamnya ada pemeriksaan IVA dan Sadanis.

Pemeriksaan ini merupakan bentuk pencegahan atau deteksi dini dari penyakit kanker serviks dan kanker payudara, agar seluruh anggota Bhayangkari dapat tetap hidup sehat.

Dalam kegiatan ini juga kami didukung oleh BPJS Kesehatan.

Baca: Ternyata Membeli Kacamata Bisa Menggunakan Layanan BPJS, Simak Langkahnya!

Baca: BPJS Kesehatan Balikpapan Sosialisasikan Program JKN-KIS kepada Para Bintara di SPN

Mudah-mudahan kerja sama ini dapat terus berlangsung serta BPJS Kesehatan dapat terus gencar untuk mensosialisasikan program JKN-KIS khususnya program promotif dan preventif seperti pemeriksaan pada hari ini,” ujar Ketua Bhayangkari Kalimantan Timur, Yemmy.

Dalam kegiatan ini BPJS Kesehatan Cabang Balikapan bekerja sama dengan bidan jejaring untuk memfasilitasi pemeriksaan tersebut.

Sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, program promotif dan preventif merupakan salah satu benefit bagi peserta JKN-KIS.

Baca: Dengan Mobile JKN, Mengurus BPJS Tidak Ribet Lagi

Selain pemeriksaan IVA dan Sadanis bentuk kegiatan lain dalam program promotif dan preventif diantaranya imunisasi dasar lengkap dengan vaksinasi, program KB, skrining kesehatan, serta program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang ditujukan bagi penderita diabetes melitus dan hipertensi.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 100 peserta melakukan pemeriksaan IVA dan Sadanis.

Peserta yang mendapatkan hasil positif akan diarahkan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk pengobatan lebih lanjut.

“Kami pun mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut. Pemeriksaan IVA dan Sadanis yang dilakukan akan berdampak pada tingkat kesehatan masyarakat yang lebih baik, khususnya untuk anggota Bhayangkari itu sendiri.

Selain menyuarakan apa saja manfaat dari pada program JKN-KIS, kami pun menyuarakan bagaimana kita mendeteksi dini agar terhindar dari penyakit kronis,” ujar Kepala Cabang Balikpapan BPJS Kesehatan Endang Diarty. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved