Operasi Mantap Brata Mahakam 2018

Gelar Simulasi Bersama Kodim dan Lanal Sangatta, Polres Kutim Siapkan 2/3 Kekuatan

Kesiapan tersebut ditunjukkan Polres Kutim yang berkolaborasi dengan jajaran TNI dari Kodim 0909 Sangatta dan Lanal Sangatta.

Gelar Simulasi Bersama Kodim dan Lanal Sangatta, Polres Kutim Siapkan 2/3 Kekuatan
TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA
Simulasi sispamkota Operasi Mantap Brata 2018. 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Margaret Sarita

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Masa kampanye untuk Pesta Demokrasi sudah di depan mata.

Persiapan terkait penyelenggaraan Pemilu yang aman dan damai dilakukan Polres Kutai Timur.

Kesiapan tersebut ditunjukkan Polres Kutim yang berkolaborasi dengan jajaran TNI dari Kodim 0909 Sangatta dan Lanal Sangatta dalam sebuah simulasi Sispamkota yang dirangkaikan dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018, Rabu (20/9/2018).

Operasi Mantap Brata Mahakam Kawal Agenda Politik 2019 di Kaltim

Simulasi dimulai dengan memperlihatkan kekuatan tim patrol TNI/Polri, baik menggunakan kendaraan roda empat, roda dua maupun sepeda dalam memantau situasi dan kondisi perkotaan.

Disusul persiapan pengamanan lokasi kampanye serta kekuatan personel dalam menghadapi situasi tak aman, seperti serangan mendadak dari oknum peserta kampanye terbuka pada calon legislatif.

Tim pengaman juga mempraktekkan cara menghalau oknum yang mencoba melakukan politik uang, menyerang distribusi kotak suara dari TPS ke PPK dan KPU hingga adanya serangan massa yang tak puas dengan hasil perhitungan surat suara.

Cara menghalau dan melumpuhkan massa, baik menggunakan pasukan anti huru-hara, watercanon hingga tembakan peringatan dilakukan.

Jelang Pileg dan Pilpres, Polres Berau Gelar Operasi Mantab Brata

Termasuk menggunakan gas air mata yang membuat massa penyerang, personel TNI/Polri dan sebagian peserta simulasi berlarian karena rasa pedih yang menyerang mata.

Melihat kesiapan TNI/Polri dalam pengamanan pesta demokrasi 2019 mendatang, Bupati Ismunandar yang menjadi Irup dalam apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2018 mengatakan kesiapan personel sudah sangat baik.

Segala kemungkinan yang akan terjadi sudah dipersiapkan cara antisipasinya.  

Situs Penerimaan CPNS Bisa Diakses Pukul 13.00 WIB, Segera Persiapkan Diri Anda. . .

“Seperti yang kita saksikan tadi, sinergi Polri dan TNI sudah siap mengamankan Pesta Demokrasi 2019 mendatang. Paling berbahaya dan perlu diwaspadai adalah money politic serta pengamanan kotak suara. Pengalaman kita 2009 dan 2014 sudah bagus. Insya Allah 2019 juga lebih baik hasilnya. Simulasi ini juga menunjukkan pada masyarakat agar tidak membuat yang aneh-aneh. Biarkan masyarakat memilih sesuai hati mereka,” ungkap  Ismunandar.

Senada, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan mengatakan pelaksanaan simulasi merupakan penekanan dari Kapolda Kaltim, untuk dilaksanakan di Kasatwil masing-masing.

Al Ghazali Kecelakaan, Ahmad Dhani Berencana ke Rumah Maia Estianty

Dalam rangka persiapan menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.  

“Polres Kutim mempersiapkan 2/3 kekuatan atau sekitar 370 personel untuk pengamanan saat penyelenggaraan pesta demokrasi nanti. Ditambah lagi, personel dari Kodim 0909 Sangatta dan Lanal Sangatta serta Kejari Sangatta yang masih kita koordinasikan,” kata Teddy. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help