CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018, Tak Ada Jatah untuk Honorer K2 di Pemkab Berau

Saat ini, tahapan seleksi CPNS telah dimulai. Pendaftaran pun sudah dibuka sejak pada Rabu (19/9/2018)

Pendaftaran CPNS 2018, Tak Ada Jatah untuk Honorer K2 di Pemkab Berau
tribunkaltim.co/geafry necolsen
Ilustrasi. Tes CPNS yang pernah digelar 

TRIBUNKALTIM.CO – Saat ini, tahapan seleksi CPNS telah dimulai. Pendaftaran pun sudah dibuka sejak pada Rabu (19/9/2018) dan pendaftaran dilakukan melalui website resmi pemerintah SSCN BKN.

Pendaftaran itu akan dilaksanakan selama satu bulan, yang selanjutnya dilanjutkan dengan tes dengan metode Computer Assisted Test (CAT) pada pekan ketiga di bulan Oktober.

"Ini jadwal yang berlaku secara nasional," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Abdul Rivai, Kamis (20/9/2018). Seleksi CPN tahun ini, pihaknya tetap fokus untuk tiga bidang.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018, Kemensetneg Buka 116 Formasi dari Lulusan D-III Sampai S-1

Yakni bidang kesehatan dialokasikan 40 persen dari kuota CPNS, atau sekitar 38 orang. Sementara 40 persen dialokasikan untuk bidang pendidikan. Dan sisanya 20 persen dari kuota atau 18 orang untuk tenaga teknis.

Rivai menjelaskan, pihaknya memang fokus pada bidang pendidikan dan kesehatan. Di mana kedua bidang ini memang masih banyak kekurangan sumber daya manusia. Terutama dalam pemenuhan layanan kesehatan dan pendidikan di wilayah terpencil dan pedalaman.

Karena itu, Rivai menambahkan, mereka yang nantinya lolos seleksi diminta mempersiapkan diri, Mereka harus siap ditempatkan di mana saja.

Meski Kabupaten Berau telah mendapat kuota tambahan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun Badan Kepagawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau memastikan, tahun ini tidak ada jatah khusus honorer Kategori 2 (K2).

“Memang ada tambahan kuota 13 orang, dari 94 menjadi 107. Hanya saja sampai saat ini situs website pemerintah pusat yang mengumumnkan CPNS itu belum bisa dibuka,” ujarnya.

Baca: Penerimaan CPNS 2018 - BKD Kaltim Awasi Pelamar yang Gunakan Jimat dan Manfaatkan Orang Dalam

BKPP memastikan tidak ada lowongan khusus untuk honorer K2. Mereka yang ingin menjadiPegawai Negeri Sipil (CPNS) tetap diwajibkan mengikuti seleksi. Berbeda dengan tahun 2014 lalu, CPNS tahun 2018 ini standar pendidikan peserta minimal Strata 1 (S1).

"Di bawah S1 sudah dipastikan tidak akan lolos dalam seleksi berkas,” tegasnya.

Diakuinya, di beberapa daerah memang ada yang melakukan penerimaan CPNS untuk honorer kategori 2 ini, namun Kabupaten Berau dipastikannya tidak ada.

"Sejak awal pembahasan di Kemenpan-RB, Kabupaten Berau memang diikutkan dalam pembahasan CPNS ini, tetapi tidak ada (pembahasan) soal honorer kategori 2 itu," ungkapnya.

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help