Buat Kolam Intake di Sotek, Segini Biaya Disiapkan PDAM PPU

PDAM Danum Taka, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menyiapkan anggaran Rp 20 juta untuk menggali kolam intake di PDAM Sotek

Buat Kolam Intake di Sotek, Segini Biaya Disiapkan PDAM PPU
TRIBUN KALTIM/SAMIR
Direktur PDAM Tirta Dharma PPU, Taufik 

Laporan wartawan Tribunkaltim.Co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO - PDAM Danum Taka, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menyiapkan anggaran Rp 20 juta untuk menggali kolam intake di PDAM Sotek, Kecamatan Penajam yang mengalami kekeringan.

Penggalian kolam ini dilakukan agar setelah musim hujan sudah bisa digunakan untuk menampung air hujan.

Direktur PDAM Danum Taka, Taufiq, Selasa (25/9/2018) menjelaskan, untuk penggalian kolam ini akan melibatkan UPT PU Kecamatan Penajam.Ia mengatakan luas kolam yang akan dibuat hanya berukuran 5x5 meter karena khusus untuk di mesin intake.

Taufiq mengatakan, sejak dua minggu terakhir ini embung seluas 2 Ha di Sotek mengalami kekeringan sehingga distribusi air bersih juga berhenti karena tidak tersedia air baku.

Baca: Dahnil Anzar Tagih Janji Kapolri soal Fitnah Media Sosial yang Ditujukan pada Sandiaga Uno

"Makanya kami buat kolam untuk mesin intake karena setelah hujan bisa menampung air," ujarnya.

Untuk penggalian kolam intake ini, pihaknya akan menyiapkan anggaran Rp 20 juga termasuk untuk pembelian BBM. Namun demikian, meski rencana awal hanya menggali 5x5 meter, namun kalau di lapangan ternyata alat berat UPT PU mampu menjangkau lebih luas, maka kolam juga akan semakin luas.

Taufiq mengaku, selama dua minggu ini distribusi air bersih untuk hamper 200 pelanggan juga ikut berhenti.

Ia mengaku, pada awalnya ada rencana untuk mendistribusikan air bersih melalui mobil tangki, namun karena jaraknya cukup jauh sehingga tidak dilakukan.

"Ternyata masyarakat sebelum ada PDAM memang sering membeli air untuk kebutuhan sehari-hari. Nah sekarang juga saat musim hujan juga membeli air," ujarnya.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018, Direktur RSUD Tarakan Kecewa Pembatasan Umur Dokter Spesialis 35 Tahun

Selain PDAM Sotek, Taufiq mengatakan pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU untuk membantu membangun kolam di WTP Lawe-lawe, karena sampai sekarang bending Lawe-lawe belum rampung, padahal menjadi sumber air baku. Tujuannya, agar WTP kapasitas 200 liter/detik bisa dioperasikan pada awal tahun depan.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help