Prakiraan Cuaca: Kaltim akan Alami Kemunduran Musim Penghujan

Pada 23 September 2018, gerak semu matahari mengakibatkan matahari berada tepat di atas khatulistiwa dan akan terus bergerak ke selatan

Prakiraan Cuaca: Kaltim akan Alami  Kemunduran Musim Penghujan
Ilustrasi - Cuaca cerah berawan 

Oleh: Ilham Rosihan Fachturoni
Prakirawan Stasiun Meteorologi SAMS Balikpapan

TRIBUNKALTIM - SABTU lalu, tepatnya pada 23 September 2018, gerak semu matahari mengakibatkan matahari berada tepat di atas wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke selatan menuju benua Australia.

Sebagai negara tropis yakni negara yang berada pada sekitar garis khatulistiwa, tidak heran bahwa beberapa waktu belakangan, kita merasakan harihari menjadi lebih terik dan kering termasuk juga wilayah Kalimantan Timur.

Di sisi lain, secara ilmu meteorologi (ilmu yang mempelajari atmosfer dan cuaca), kondisi ini merupakan awal dari dimulainya proses pergantian musim dari musim kemarau menjadi musim hujan.

Karena terletak di wilayah tropis, negara kita Indonesia hanya mengenal dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Musim hujan ditandai dengan meningkatnya curah hujan di wuatu daerah/wilayah dibanding biasanya dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Instansi pemerintahan yang memiliki otoritas mengeluarkan informasi mengenai musim adalah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Berdasarkan definisi BMKG, suatu daerah dikatakan memasuki musim hujan apabila jumlah curah hujan tercatat dalam satu dasarian (10 hari) sama atau lebih dari 50 milimeter (mm) dan diikuti beberapa dasarian berikutnya.

Baca: Lagi, Kasus Rumah Terkepung Tembok di Jombang! Siti Terpaksa Lompati Dinding untuk Keluar

Atau jumlah curah hujan dalam 3 dasarian berurutan (30 hari) sama atau lebih dari 150 mm. Awal musim hujan bisa terjadi lebih awal (maju), sama, atau lebih lambat (mundur) dibanding normalnya.

Tiap tahun, BMKG menggelar press rilis mengenai informasi prakiraan kapan awal musim kemarau dan awal musim hujan akan datang di Indonesia. Lalu kapan prakiraan awal musim hujan di Provinsi Kaltim?

Sebelumnya, kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki karakteristik cuaca dan musim yang berbeda satu sama lain. Dengan begitu, datangnya awal musim hujan di Indonesia pun tidaklah serentak, melainkan bervariasi antar wilayah satu dan yang lain.

BMKG memprakirakan datangnya awal musim dengan membagi wilayah Indonesia menjadi beberapa wilayah ZOM (Zona Musim). Masingmasing wilayah ZOM di bagi berdasarkan kesamaan karakteristik topografi dan pola cuaca/musim yang telah diamati dalam jangka waktu yang lama.

Halaman
123
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved