Kebohongan Ratna Sarumpaet

Pemprov DKI Jakarta Beri Bantuan Rp 70 Juta untuk Ratna Sarumpaet Ongkos ke Chile

Pemprov DKI kabulkan permohonan Ratna Satumpaet bantuan Rp 70 juta untuk berangkat hadiri konferensi ke Chile.

Pemprov DKI Jakarta Beri Bantuan Rp 70 Juta untuk Ratna Sarumpaet Ongkos ke Chile
Kompas.com/Hadi Maulana
Ratna Sarumpaet 

Pemprov DKI Jakarta Beri Bantuan Rp 70 Juta untuk Ratna Sarumpaet Ongkos ke Chile

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta Beri Bantuan Rp 70 Juta untuk Ratna Sarumpaet Ongkos ke Chile. Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro menyatakan, Pemprov DKI Jakarta memenuhi permohonan sponsorship Ratna Sarumpaet ke Cile. Pemprov menanggung uang tiket, akomodasi, hingga uang saku Ratna. “Untuk tiket, akomodasi, dan uang saku, kurang lebih 70 jutaan,” kata Asiantoro kepada Kompas.com, Jumat (5/10/2018).

Ratna Sarumpaet Ajukan Surat Pengunduran Diri ke Prabowo, Putra Sulung Jokowi: Sedih Lihat Fontnya

Ruhut Sitompul: Sedih Anak Amien Rais Samakan Ratna Sarumpaet dengan Cut Nyak Dien

Ratna Sarumpaet Akui Berbohong pada 3 Oktober, Ridwan Kamil Usulkan sebagai Hari Anti Hoaks Nasional

Menurut Asiantoro melalui keterangan tertulisnya, Ratna meminta bantuan sponspor kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengikuti acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chile.

Surat itu diterima Ratna Sarumpaet pada 17 Oktober 2017.

Ratna Sarumpaet saat menggelar konferensi pers terkait pemberitaan penganiayaan dirinya di Kampung Melayu Kecil, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018). Pada konferensi pers tersebut Ratna mengaku berbohong tentang penganiayaan dirinya melainkan pada 21 September 2018, dirinya menemui dokter bedah plastik di Jakarta untuk menjalani sedot lemak di pipi.
Ratna Sarumpaet saat menggelar konferensi pers terkait pemberitaan penganiayaan dirinya di Kampung Melayu Kecil, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018). Pada konferensi pers tersebut Ratna mengaku berbohong tentang penganiayaan dirinya melainkan pada 21 September 2018, dirinya menemui dokter bedah plastik di Jakarta untuk menjalani sedot lemak di pipi. (Tribunnews/Jeprima)

Permohonan sponsorship kepada Pemprov DKI Jakarta dikirimkan pada 31 Januari 2018. Surat permohonan tersebut diterima Gubernur DKI pada 19 Februari 2018, kemudian didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. 

“Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” ujarnya.

Ratna Sarumpaet Tersandung Kasus, Begini Akun Instagram Atiqah Hasiholan & Rio Dewanto

Dicekal Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta, Berikut Kronologi Penangkapan Ratna Sarumpaet

Ini Bantahan Fadli Zon: Saya Tidak Pernah Menyebarkan Berita Hoaks tentang Ratna Sarumpaet

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kemudian mendisposisikan surat tersebut ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya.

Kemudian ditindaklanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) karena biaya perjalanan dinas merupakan tupoksi Biro ASD.

“Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playrights International. Dan dijadwalkan Bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018,” kata Asiantoro.

Ratna Sarumpaet ditangkap pihak kepolisian di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta saat hendak berangkat menuju Chile, Kamis (4/10/2018).

Dia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran kabar bohong atau hoaks. Ratna Sarumpaet dianggap melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Hukum dan Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45 dengan ancaman 10 tahun.

Kuasa Hukum Bantah Ratna Sarumpaet Bermaksud Melarikan Diri, Ini Penjelasannya

Goenawan Mohammad Viralkan Kembali Postingan Dr Hanum Rais tentang Luka Ratna Sarumpaet

Sebelum Ditangkap, Ratna Sarumpaet Minta Maaf kepada Emak-emak yang Mengidolakan Dirinya

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabulkan Permohonan Ratna Sarumpaet ke Cile, Pemprov DKI Beri Sekitar Rp 70 Juta", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/05/07170051/kabulkan-permohonan-ratna-sarumpaet-ke-cile-pemprov-dki-beri-sekitar-rp.
Penulis : Jessi Carina
Editor : Ana Shofiana Syatiri

Follow Instagram tribunkaltim

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved