Kelebihan Stok, Sejumlah Daerah Pinjam Tinta Disdukcapil PPU

Stok tinta untuk pencetakan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Penajam Paser Utara (PPU) cukup banyak

Kelebihan Stok, Sejumlah Daerah Pinjam Tinta Disdukcapil PPU
Tribun Kaltim/Samir
Salah seorang petugas Disdukcapil PPU sedang mencetak KT El 

TRIBUNKALTIM.CO - Stok tinta untuk pencetakan KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Penajam Paser Utara (PPU) cukup banyak, sehingga sejumlah kabupaten//kota di Kaltim meminjam dan selanjutnya akan diganti Bahkan Tabalong, Kalimantan Selatan juga meminjam tinta yang digunakan untuk mencetak KTP el.

Kepala Disdukcapil PPU, Suyanto, Selasa (9/10/2018) menjelaskan, daerah yang telah meminjam tinta adalah Kota Samarinda sebanyak 10 buah, kemudian Pemprov Kaltim sebanyak 6 buat serta Tabalong sepanjang 4 buah.

Bahkan Kabupaten Kubar juga telah meminta agar dipinjamkan tinta sebanyak 6 buah namun sampai sekarang belum disetujui dengan alasan masih akan memeriksa stok yang dimiliki.

"Stok kami masih ada sekitar 20 buah, sehingga kemungkinan kami akan pinjamkan Kubar tapi hanya 5 buah saja," ungkapnya.

Baca: Jadwal Fenomena Hari Tanpa Bayangan (Kulminasi) di Wilayah Jawa hingga Kupang

Ia mengatakan, banyaknya daerah yang meminjam tinta karena stok mereka sudah habis sementara pencetakan KTP el harus tetap dilakukan.

Bukan hanya itu, untuk pembelian tinta mereka baru akan memasukkan di APBD Perubahan 2018 ini. Suyanto menjelaskan, meski telah meminjamkan tinta namun stok mereka masih cukup sampai akhir tahun ini.

Ia mengaku, stok tinta yang dimiliki merupakan bantuan pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) dari pusat. Untuk satu buah tinta memang cukup mahal karena mencapai Rp 4 juta, sementara untuk satu buah tinta hanya mampu mencetak 400 kTP el.

Suyanto berasalan, mereka dipinjamkan tinta karena sangat membutuhkan dan agar pencetakan KTP el mereka tidak berhenti. "Kami sesama Disdukcapil kan juga merasakan bagaimana kalau tak punya stok tinta," katanya.

Baca: Miftahul Jannah Tak Menyesal Didiskualifikasi Terkait Jilbab, Ini Pesannya untuk Atlet Muslimah

Ia mengatakan bahwa mereka yang telah meminjam tinta menjanjikan akan mengganti setelah anggaran mereka disetujui di APBD Perubahan 2018. Ia mengatakan, tinta ini merupakan hal penting dalam mencetak KTP el karena tanpa bahan tersebut maka jelas pencetakan juga akan berhenti.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help