3 Lokasi Disiapkan untuk Penukaran Kartu Berlogo GPN di Samarinda

34 bank akan ikut ambil bagian dalam Pekan Penukaran Kartu ATM dan Debet berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Samarinda.

3 Lokasi Disiapkan untuk Penukaran Kartu Berlogo GPN di Samarinda
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Sejumlah model kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dipamerkan di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018). Bank Indonesia secara resmi meluncurkan kartu berlogo GPN yang dikeluarkan oleh bank-bank yang ada di Indonesia. 

3 Lokasi Disiapkan untuk Penukaran Kartu Berlogo GPN di Samarinda

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebanyak 34 bank akan ikut ambil bagian dalam Pekan Penukaran Kartu ATM dan Debet berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Samarinda.

34 bank ini akan membuka loket penukaran di tiga lokasi yang telah ditentukan. Yakni Balaikota Samarinda, Taman Samarendah, serta halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim.

Diketahui, rangkaian peluncuran kartu ATM dan debet berlogo GPN di Samarinda akan berlangsung 16-26 Oktober ini. Peluncuran GPN di Tepian dibagi menjadi tiga tahap. Yakni tahap sosialisasi edukasi, peluncuran GPN, dan pekan penukaran kartu.

Baca: Penukaran Kartu Berlogo GPN di Samarinda Dibagi Tiga Tahap, Ini Rinciannya

"Persiapan sudah mendekati akhir. Undangan pun sudah kita sebar termasuk untuk yang VVIP. Untuk bank yang terlibat, yakni semua yang ada di Samarinda. Jumlahnya ada 34 bank," kata Kepala Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Kaltim, Christian, Rabu (10/10/2018).

Khusus untuk penukaran kartu debet dan ATM menjadi berlogo GPN, kata Christian, BI menargetkan sebanyak 12 ribu kartu. Diketahui, pekan penukaran kartu tersebut berlangsung selama lima hari.

"Jadi, tiap hari kami menargetkan ada sekitar 2 ribu kartu lebih yang ditukar menjadi berlogo GPN. Tapi, jika lebih justru lebih bagus," jelas Christian.

Baca: 21 Oktober, Peluncuran GPN di Samarinda Berhadiah Doorprize Lebih Rp 70 Juta

Untuk syarat penukaran kartu, menurut Christian, diserahkan ke pada masing-masing bank.

"Karena tiap bank punya sistem tersendiri. Jadi persyaratanya pun beda-beda. Tapi biasanya syarat umum itu bawa buku tabungan, kartu yang lama, dan kartu identitas," ujar Christian.

Sejatinya, lanjut Christian, penukaran kartu berlogo GPN sudah bisa dilakukan sejak Mei, lalu.

"Dari Mei lalu sudah bisa ditukarkan di masing-masing bank. Hanya memang acara peluncurannya saja di Samarinda yang baru Oktober ini," tutur Christian.

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help