Proyek Tol Balikpapan - Samarinda Terkendala Batu Palu, Kontraktor Tak Bisa Dapatkan Stok

Rusaknya pelabuhan di Palu disebutnya jadi alasan mengapa batu asal Palu sulit untuk bisa didatangkan.

Proyek Tol Balikpapan - Samarinda Terkendala Batu Palu, Kontraktor Tak Bisa Dapatkan Stok
Tribun Kaltim/Anjas Pratama
Konstruksi tol Balikpapan-Samarinda dipotret beberapa waktu lalu.¬†Gempa di Palu berimbas pada stok batu yang sulit didapatkan kontraktor proyek-proyek MYC di Kaltim 

Proyek Tol Balikpapan - Samarinda Terkendala Batu Palu, Kontraktor Tak Bisa Dapatkan Stok

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Gempa serta tsunami yang melanda Palu, Sulteng beberapa waktu lalu tidak hanya berimbas pada ikut dirasakannya getaran gempa ketika terjadi musibah. Imbas pada proyek-proyek Multi Years Contract (MYC), termasuk diantaranya tol Balikpapan-Samarinda hingga Jembatan Mahakam IV  juga diyakini akan ikut berimbas.

Rabu (10/10/2018 adanya informasi yang diterima Tribun terkait kurangnya stok batu asal Palu dalam pengerjaan proyek MYC tersebut ikut Tribun konfirmasi kepada beberapa pihak.

Kurangnya stok batu yang didatangkan dari Palu membuat proses pekerjaan tol maupun jembatan kembar menjadi terhenti atau dilanjutkan dengan menggunakan stok batu yang ada.

Padahal, sisa waktu proyek MYC, seperti tol dan jembatan kembar hanya menyisakan waktu kurag dari tiga bulan, karena harus merampungkan kontrak selesai di Desember 2018.

Baca: Kutim Kedatangan 37 Korban Gempa Palu, Bupati Ismunandar Rencanakan Pemukiman Khusus

Sugeng, perwakilan dari PT. Wika Kontraktor yang menghandle Seksi 3 dan 4 Tol Balikpapan-Samarinda mengamini informasi kekurangan batu asal Palu tersebut. Rusaknya pelabuhan di Palu disebutnya jadi alasan mengapa batu asal Palu sulit untuk bisa didatangkan.

“Iya, karena kan materialnya dari Palu. Dengan adanya gempa ini, pengiriman material tak bisa. Stop sejak adanya gempa sampai sekarang. Yang kami gunakan adalah sisa-sisa (material batu). Ada juga yang cenderung berhenti karena materialnya tak ada,” ucapnya.

Kekurangan material, khususnya batu asal Palu, pun disebutnya tidak hanya berdampak pada pengerjaan tol di Seksi 3 dan 4 saja melainkan ke seluruh Seksi Tol Balsan.

“Semua Seksi terdampak. Ya, Seksi 1,2,3,4 dan 5 terkena dampaknya. Kan itu semua materialnya dari beton,” ucapnya.

Baca: Viral di Medsos, Video Pengusiran Relawan di Palu! Begini Penjelasan BNPB

Tribun kemudian konfirmasi, berapa kebutuhan batu asal Palu yang harus disiapkan dengan estimasi per satu bulan.

Halaman
123
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help